spot_img
Jumat, Mei 3, 2024
spot_img

BPJS Ketenagakerjaan Mencatat 86,15 Persen Klaim Dicairkan Lewat JMO!

KNews.id- Dalam dua tahun terakhir ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus mengoptimalkan digitalisasi yang terus berkembang pesat.

Hal tersebut tercermin dari aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dan juga Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) yang telah mencairkan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) sebanyak 2,9 juta klaim di 2022.

- Advertisement -

Jumlah klaim yang diraih tersebut, mendominasi sebesar 86,15% dari total keseluruhan klaim BPJS Ketenagakerjaan yang tercatat sebanyak Rp49,03 triliun kepada 3,94 juta peserta.

Di sisi lain, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo, menyebutkan bahwa total Dana Jaminan Sosial (DJS) di sepanjang tahun 2022 juga tumbuh positif sebesar 14%.

- Advertisement -

“DJS mampu tetap tumbuh positif berkat dana dan hasil investasi DJS yang masing-masing meningkat 14% secara tahunan,” ucap Anggoro dalam Public Expose di Jakarta, 12 Mei 2023.

Lebih lanjut, Anggoro merinci bahwa hingga saat ini, total kontribusi iuran yang diberikan telah mencapai Rp88,31 triliun, dengan jumlah peserta aktif sebanyak 35,86 juta dan pemberi kerja aktif sejumlah 735 ribu.

- Advertisement -

Adapun, kondisi DJS yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan saat ini berada pada posisi yang sangat sehat, hal ini terlihat dari tingkat solvabilitas dana Jaminan Hari Tua (JHT) di level 99,74% dan Jaminan Pensiun (JP) di atas 100%. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini