spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Bos BNI Membeberkan Strategi Agar tak Gagal seperti SVB!

KNews.id- Salah satu faktor kegagalan Silicon Valley Bank (SVB) adalah soal likuiditas. Banyaknya klien SVB menarik uang untuk memenuhi kebutuhan likuiditas mengakibatkan SVB kesulitan untuk menyediakan dana penarikan tersebut

Hal ini yang menjadi perhatian PT Bank Negara Indonesia (Persero) dalam menjaga performa kinerjanya di tengah guncangan kolapsnya sejumlah bank global, seperti SVB.

- Advertisement -

Menurut Direktur Utama PT BNI Tbk Royke Tumilaar, likuiditas berperan penting bagi suatu bank untuk menjaga dari kegagalan yang terjadi pada bank-bank global. Oleh karenanya, diperlukan pengelolaan risiko yang kuat, baik dalam bentuk monitoring indikator risiko likuiditas (rasio LCR dan NSFR).

“Bank juga perlu memiliki liquidity backstop yang likuid dan dapat dieksekusi dalam kondisi apapun, serta menjalankan Liquidity Contingency Plan (LCP) secara rutin. Ini yang harus menjadi pembelajaran untuk kita semua,” kata Royke dalam seminar virtual, Kamis, 6 April 2023.

- Advertisement -

Selain likuiditas, lanjutnya, risiko pasar juga harus diperhatikan. Di mana aset perlu memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam menghadapi berbagai macam kebijakan moneter.

“Ini (aset) supaya mudah dikelola,”kata Royke.

- Advertisement -

Kemudian, lanjut Royke, jangan lupa menjaga reputasi bank. Penyampaian strategi perusahaan yang tidak tepat, berpotensi mengurangi tingkat kepercayaan nasabah. Perusahaan dituntut untuk berhati-hati dalam menyampaikan informasi ke hadapan publik.

“Komunikasi perusahaan kepada pihak eksternal harus hai-hati. Di situasi tertentu, jika tidak bisa mengomunikasikan dengan baik, akan direspons negatif oleh kreditur maupun investor,”ungkapnya.

Tak sekadar menyiapkan langkah antisipasi dan mitigasi, Royke mengajak perbankan untuk melakukan evaluasi strategi. Salah satunya dengan melakukan simulasi strategi atas berbagai skenario risiko pasar dan likuiditas yang bisa saja terjadi. “Bank tentunya harus punya srategi bisnis yang tepat,” tuturnya.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini