spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

‘Bom Kotor’ Jadi Momok Perang Rusia vs Ukraina, Ini Penjelasannya

Seberapa bahaya ‘bom kotor’?

Menurut laporan The Guardian, bom kotor merupakan senjata potensial teroris karena tujuan utamanya menabur kepanikan, kebingungan, dan kecemasan.

- Advertisement -

Alasan itulah yang menjadi dasar senjata ini disebut juga sebagai “pengganggu massal.”

Menurut wakil presiden program keamanan bahan nuklir di Nuclear Threat Initiative, Scott Roecker, ‘bom kotor’ memiliki dampak psikologis yang lebih besar.

- Advertisement -

“Bom itu merupakan senjata psikologis. Saat Anda mencoba menakut-nakuti orang, mengintimidasi orang, Anda akan menggunakan senjata seperti ini,” kata Roecker.

Debu dan asap radioaktif bisa menyebar jauh dan berbahaya jika terhirup di dekat ledakan. Uap radioaktifnya juga mungkin akan menyebar ke beberapa area.

- Advertisement -

Namun, saat bahan radioaktif menyebar melalui atmosfer, bom ini menjadi kurang terkonsentrasi dan mengurangi tingkat bahayanya.

Lebih lanjut, Roecker menerangkan faktor kunci dalam paparan radiasi adalah jenis radiasinya, berapa lama seseorang terpapar, dan apakah radiasi itu diserap melalui kulit, dihirup atau dikonsumsi secara oral.

Untuk mendeteksi radiasi perlu peralatan khusus. Rumah, bisnis, dan layanan publik yang terkontaminasi bisa saja dilarang ditinggali atau beroperasi selama berbulan-bulan.

Pembersihan bangunan imbas radiasi senjata ini juga memerlukan biaya yang tak sedikit. (Ach/Cnnind)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini