spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Bocoran Luhut: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Digarap China

KNews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuat komitmen dengan China untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya.
Luhut mengatakan bunga yang ditawarkan China lebih murah dibanding negara lain.

“Pak Jokowi mau kereta cepat Jakarta-Surabaya diterusin. Tadi saya dengar perjanjian dengan China sudah jalan, malah bunganya lebih murah daripada yang ditawarkan negara lain,” kata dia dalam tayangan video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Luhut B Pandjaitan, dikutip Minggu (29/10).

- Advertisement -

Luhut yakin pemerintah bisa melanjutkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dengan bermodal pengalaman mengerjakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
Namun, ia mengakui masih ada permasalahan dalam proyek transportasi publik yakni pembebasan lahan.

“Kunci utamanya pembebasan lahan yang memang enggak jelas. Sekarang dengan kita punya pengalaman we don’t have problem anymore,” kata Luhut.

- Advertisement -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya memprediksi Jakarta-Surabaya dapat ditempuh dalam 3,5 jam dengan kereta cepat. Ia mengatakan pihaknya akan memberikan kesempatan kepada pemrakarsa untuk menyusun proposal proyek itu. Begitu juga dengan pemerintah yang juga akan mengajukan proposal.

“Kita akan melakukan kesempatan pada pemrakarsa, melakukan proposal lalu kami, kita itu membuat proposal juga nanti diajukan lah itu. Bahwa nanti diputuskan oleh pemerintahan yang akan datang ya monggo, tapi kita sudah letakkan dasar-dasar dan rencana ke depan,” ujarnya.  (Zs/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini