spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

BNPT: Partai yang Didirikan Farid Okbah Strategi Kamuflase Kelompok JI: Mereka Pengecut!

KNews.id- Nama organisasi terlarang di Indonesia, Jamaah Islamiyah (JI) kembali disorot usai penangkapan Ustaz Farid Okbah yang terkait dengan kasus terorisme beberapa waktu lalu. Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen Ahmad Nurwakhid mengatakan bahwa kelompok JI sudah lama bertransformasi.

Ahmad menjelaskan, JI telah bertransformasi secara manajemen maupun strategi semenjak dilarang karena berafiliasi dengan Al Qaeda. Kelompok terlarang itu lalu melebarkan sayap ke sejumlah bidang, termasuk dakwah dan politik. Salah satu contohnya adalah pembentukan Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) yang dibentuk oleh Farid Okbah.

- Advertisement -

“Kalau dulu dia (JI) hanya bergerak di bidang kombatan jihadis ya, pasukan tempur atau perang, sekarang mereka juga mengembangkan diri di bidang dakwah, pergerakan politik dengan mendirikan partai dan segala macam itu tapi tetap ada pasukan jihadisnya,” kata Ahmad melansir Suara—jaringan Hops.ID, Jumat 19 November.

Kemudian, Ahmad juga mengatakan kalau kelompok JI itu memiliki strategi Taqiyyah, yang dilakukan untuk berkamuflase menyembunyikan jati diri maupun agenda mereka. Strategi itu, lanjut Ahmad, digunakan untuk menyusup ke berbagai institusi pemerintahan.

- Advertisement -

“Mereka sudah menggunakan strategi takim, takim itu sudah menyebar di seluruh institusi masyarakat maupun pemerintahan ya,” ucapnya.

Karena itu pula, Ahmad menganggap wajar kalau data yang diungkap ke publik pun tidak sesuai dengan kebenarannya. Itu dicontohkan dengan penggunaan alamat samaran untuk kantor PDRI.

- Advertisement -

“Makanya itulah menunjukan bahwa mereka itu ya kalau bahasa kasarnya pengecut karena berkamuflase memang itu gerakan, nah, tapi ada gerakan bawah tanah, ada gerakan atas tanah tapi tidak menggunakan atas nama JI tapi dengan mendirikan partai kelompok dan sebagainya,” ujarnya lagi. (AHM/hop)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini