BNI Permudah Diaspora RI di Jepang Daftar Remitansi Pakai DigiRemit
2 mins read

BNI Permudah Diaspora RI di Jepang Daftar Remitansi Pakai DigiRemit

KNews.id – Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) meluncurkan aplikasi DigiRemit di Jepang. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah diaspora Indonesia di Jepang dalam mendaftarkan Remittance Card dan melakukan pengiriman uang ke luar negeri.

Peluncuran DigiRemit dilakukan bersamaan dengan acara ‘Financial Planning & Public Information Disclosure Education for Japan’s Diaspora’ yang digelar di Osaka, Jepang, hari ini. Acara ini merupakan hasil kerja sama antara BNI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Komisi Informasi Pusat (KIP) serta ditujukan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) Magang di Jepang.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi menyambut baik peluncuran aplikasi DigiRemit tersebut.

“OJK terus mengimbau masyarakat, termasuk diaspora Indonesia di luar negeri, untuk menggunakan produk jasa keuangan dari lembaga resmi yang telah diawasi oleh OJK agar terhindar dari berbagai risiko. BNI memberikan kemudahan dan keamanan bagi transaksi remitansi diaspora,” kata Kiki, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (30/6/2024).

Pihaknya berharap melalui acara ini PMI dapat lebih bijak dalam mengelola keuangan dan investasi mereka untuk menghindari menjadi korban kasus keuangan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

“Harapan kami adalah agar para PMI semakin bijak dalam mengelola keuangan dan investasi, sehingga dapat sukses menjadi pebisnis baik di Jepang maupun di Indonesia,” tuturnya.

Inspirasi Bagi PMI Magang

Selain peluncuran aplikasi, BNI juga menghadirkan inspirasi bagi para PMI dengan menampilkan dua mantan PMI magang yang kini sukses berbisnis. Keduanya yakni pemilik Garuda Seiko yang merupakan perusahaan manufaktur komponen mesin dan kendaraan di Jepang dan pemilik PT Sumo Andalan Power yakni perusahaan rental alat berat di Bekasi, Jawa Barat.

Direktur Network & Services BNI Ronny Venir menjelaskan kedua usaha tersebut saat ini sedang dalam proses penilaian kredit oleh BNI. BNI tidak hanya mendukung keberangkatan PMI Magang melalui produk KUR PMI tetapi siap membiayai usaha para PMI baik di luar maupun di dalam negeri setelah mereka lulus dari program magang.

“BNI Tokyo telah mengantongi lisensi full branch sehingga dapat melayani berbagai kebutuhan transaksi keuangan diaspora Indonesia, termasuk melalui aplikasi DigiRemit yang baru saja diluncurkan hari ini,” kata Ronny.

Melalui inovasi ini, BNI berharap dapat semakin memperkuat hubungan dengan diaspora Indonesia di Jepang dan mendukung mereka dalam mengelola keuangan serta meraih kesuksesan di luar negeri.

“Kami berharap para PMI semakin bersemangat mencari ilmu dan membangun koneksi untuk nantinya berwiraswasta. BNI siap mendukung semua itu,” tutup Ronny.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Osaka John Tjahjanto Boestami; Komisioner KIP, Samrotunnajah Ismail; dan Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia, Jeffrey Hendrik.

(Zs/dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *