spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

BNI Ikut Anggarkan Rp5 M untuk Pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia

KNews – BNI ikut anggarkan Rp5 M untuk pemberdayaan pekerja migran Indonesia. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) turut serta dalam melakukan pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Pemberdayaan ini merupakan bagian dari program penguatan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social governance (CSR).

Mucharom Sekretaris Perusahaan BNI mengatakan, ada tiga program utama yang menjadi sasaran penguatan CSR ini yakni pendidikan, UMKM, dan lingkungan hidup.

- Advertisement -

Program pertama dalam pemberdayaa PMI tersebut adalah memberikan edkasi dan literasi bagi calon PMI, yang sudah jadi PMI di luar negeri, dan yang akan purna PMI.

Kedua, BNI memberikan bantu peralatan usaha bagi PMI yang akan atau yang sudah kembali ke tanah Air untuk memulai usaha. Ketiga, memberikan bantuan pendidikan bagi anak-anak PMI.

- Advertisement -

“Untuk ketiga program itu, BNI menganggarkan dana sebesar Rp 5 miliar,” kata Mucharom kepada KONTAN, Senin (24/1).

Pria yang akrab disapa Arom ini mengatakan, dengan anggaran tersebut, BNI dapat menyentuh PMI hingga keluarganya. Sebagai contoh, Minggu (23/1) lalu, BNI memberikan apresiasi kepada ratusan keluarga PMI dan calon PMI di Cianjur, Jawa Barat.

- Advertisement -

Selain itu,  perhatin kepada PMI akan tetap  berjalan, mulai dari memberikan pelatihan, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), kemudahan transfer, hingga peluang magang bagi putra-putri PMI berprestasi.

Dengan memberdayakan PMI, setidaknya terdapat berbagai manfaat yang dapat diperoleh BNI, mulai dari tersalurkannya KUR, berjalannya layanan remitansi, tumbuhnya peluang ekspor oleh jaringan PMI dan Diaspora yang merupakan basis nasabah layanan trade finance.

“Dengan demikian, pemberdayaan PMI pun akan menjadi sumber pendapatan BNI yang bersumber dari pendapatan bunga hingga fee based income.” Pungkas Arom. (RKZ/kkci)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini