spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

BNI Ekspansi Pasar Global, Boyong Mitra Binaan UMKM ke Turki

KNews – BNI ekspansi pasar global, boyong mitra binaan UMKM ke Turki. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) terus mendorong UMKM tembus pasar global seperti Turki.

Salah satunya, dengan meramaikan Festival Pasar Senggol Turki dan BNI memboyong 50 jenis produk mitra UMKM binaan.

- Advertisement -

Pasar Senggol merupakan sebuah festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki. Corporate Secretary BNI Mucharom menyebut Turki sebagai mitra dagang Indonesia karena nilai perdagangannya terus meningkat secara linear setiap tahun.

Mengutip data Kementerian Perdagangan total perdagangan Indonesia-Turki mencapai US$2,01 miliar pada 2021, di mana Indonesia mencatatkan net eksportir surplus US$1,2 miliar. Pada tahun yang sama, oertumbuhan ekonomi Turki mencapai 11%.

- Advertisement -

“Kami pun menyambut baik gelaran festival yang diinisiasi oleh kelompok mahasiswa dan diaspora Indonesia di Turki ini,” kata Mucharom, dalam keterangan resmi, Senin (6/6).

Oleh karena itu, Kementerian BUMN bersama BNI berharap dapat mengoptimalkan potensi pasar Turki serta berkontribusi meningkatkan kerja sama ekonomi antar kedua negara.

- Advertisement -

Mucharom mengatakan, BNI telah mengirimkan 50 jenis produk UMKM terbaik mitra binaan BNI. Produk tersebut dapat menarik perhatian pelaku bisnis sekaligus konsumen sehingga kerja sama tersebut kembali berlanjut.

“Dengan bantuan dari KJRI, kami juga mendapat program link and match sehingga dapat lebih fokus dalam mempersiapkan barang-barang yang masuk ke pasar Turki,” terangnya.

Brand UMKM binaan BNI bawa yang terlibat masuk kategori UMKM Xpora seperti Bali Wirama. Usaha ini masuk kategori Home and Garden Decor, yang selama ini produknya sepenuhnya diekspor ke Eropa.

Kemudian Faber Instrumen Indonesia dalam bidang usaha Instrumen Musik dan Homedecor dari Kayu seperti Radio Kayu , Shoehorn, Jam Dinding dan Flasdick kayu. Produk ini mendapat perhatian dari konsumen luar negeri karena memiliki ciri khas kayu dari Indonesia.

Rumah BUMN BNI juga turut berpartisipasi membawa produk Kuliner dari Rumah BUMN Sleman yaitu Telaga Rasa yang memproduksi minuman herbal Indonesia dalam bentuk Instan.

“Usaha ini sudah berhasil menembus gerai – gerai retail di Indonesia dan BPOM. Rumah BUMN BNI membawa produk olahan snack dari Rumah BUMN Tegal yaitu NM Food, yang merupakan produk snack unggulan Rumah BUMN BNI,” terangnya. (RKZ/kkci)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini