spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

BNI Beri Kredit Hijau Proyek PLTS Terbesar Se-Indonesia

 

KNews.id – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) atau BNI kembali menyalurkan pembiayaan hijau (green financing) kepada perusahaan grup Medco PT Medcosolar Bali Timur untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 25 Megawatt peak (MWp).

- Advertisement -

Pemberian kredit ini untuk membiayai proyek PLTS ground mounted terbesar di Indonesia yang diprakarsai oleh PT Medcosolar Bali Timur, anak usaha PT Medco Power Indonesia. Adapun PLTS berlokasi di di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

Sebagai sole lender, penandatanganan Perjanjian ini dilakukan oleh Senior Vice President Corporate Banking 2 BNI Ditya Maharhani Harninda dan Direktur PT Medcosolar Bali Timur Myrta Sri Utami di Kantor PT Medco Power Indonesia, Jakarta, pada Rabu (20/3/2024).

- Advertisement -

Direktur Wholesale and International Banking BNI Agung Prabowo mengungkapkan, partisipasi BNI dalam pendanaan Green Loan ini sebagai dukungan BNI untuk mencapai target net zero emission pemerintah pada tahun 2060.

“Saat ini, BNI secara aktif memfokuskan pembiayaan pada proyek-proyek yang termasuk dalam Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) sebagai upaya untuk mendorong transisi energi hijau di Indonesia,” ujar Agung, dalam keterangan resmi, dikutip Senin, (25/3/2024).

- Advertisement -

Hal ini pun seiring dengan misi PT Medco Power Indonesia sebagai salah satu induk usaha PT Medcosolar Bali Timur untuk memberikan nilai berkelanjutan untuk portofolio bisnis energi bersih Independent Power Producer (IPP), Operation & Maintenance (O&M) dan energi terbarukan yang berkelanjutannya.

Sebelumnya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI (BBNI) telah menyalurkan pembiayaan green loan mencapai Rp67,9 triliun di tahun 2023. Capaian ini tumbuh 13,6% secara tahunan.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, dalam pendorongan pembiayaan berkalanjutan ini, BNI menetapkan empat kategori grean loan yang mendapat insentif keringanan bunga.

“BNI pun telah menetapkan insentif keringanan bunga khususnya untuk 4 kategori green loan seperti energi terbarukan, transportasi ramah lingkungan, bangunan berwawasan lingkungan, dan pengelolaan sumber daya alam,” kata Okki dalam keterangan resminya, Rabu, (6/3/2024).

(Zs/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini