spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

BLT Minyak Goreng Rp300 Ribu Cair April 2022 Melalui Kantor Pos

KNews – BLT minyak goreng Rp300 ribu cair April 2022 melalui kantor pos. Pada bulan April 2022 ini Pemerintah akan menyalurkan Bantuan Tunai Langsung (BLT) Minyak Goreng kepada masyarakat. Bagaimana mekanisme penyaluran BLT minyak goreng nantinya?

BLT minyak goreng 2022 ini ditujukan untuk meringankan beban masyarakat atas kenaikan harga kebutuhan bahan makanan pokok jelang Ramadhan dan Idul Fitri. Simak mekanisme penyaluran BLT minyak goreng berikut ini.

- Advertisement -

Presiden Joko widodo (Jokowi) menghimbau agar masyarakat menggunakan dana bantuan tersebut untuk modal usaha dan membeli kebutuhan pokok. Mengingat saat ini sejumlah bahan makanan pokok mengalami peningkatan harga yang cukup tinggi. Terutama pada harga minyak goreng.

Terkait bagaimana mekanisme penyaluran BLT minyak goreng telah disampaikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) melalui postingan di akun resmi Instagramnya. Simak ulasannya berikut ini.

- Advertisement -

Mekanisme Penyaluran BLT Minyak Goreng 2022

1. Sasaran Penerima 

Pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng kepada 20,65 juta penerima. Adapun kriteria yang termasuk penerima bantuan ini adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Sembako/BPNT dan Program Keluarga Harapan (PKH).

2. Indeks Bantuan 

Penerima BLT Minyak Goreng masing-masing akan diberi bantuan sebesar Rp 100 ribu perbulan. Pada bulan April ini penerima akan mendapat Rp 300 ribu sekaligus. Bantuan yang diberikan terhitung 3 bulan yakni bulan Maret, April dan Mei.

- Advertisement -

3. Jadwal Penyaluran  BLT Minyak Goreng

BLT akan diberikan pada bulan April 2022 sebelum hari lebaran. Penyaluran BLT minyak goreng ini bersamaan dengan pencairan Program Sembako dan PKH. Total 18,8 juta KPM penerima BPNT dan 1,85 juta KPM program PKH yang kini belum terdaftar sebagai penerima BPNT.

4. Penyaluran Melalui

BLT akan diberikan kepada penerima melalui Kantor Pos Indonesia. Nantinya penerima yang terdaftar bisa mendatangi kantor pos terdekat untuk mengambil dana bantuan tersebut.

Sekjen Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat, mengatakan meskipun Presiden mengatakan BLT Minyak Goreng, namun pada dasarnya dalam penggunaan sehari-hari untuk kebutuhan pangan. Tidak berarti semua harus dibelikan minyak goreng saja.

Kompensasinya sebenarnya bansos pangan. Bapak Presiden mengatakan BLT minyak goreng, tapi penggunaannya untuk pangan, tidak berarti penggunaannya harus jadi minyak goreng. Tergantung kebutuhan warga,” ujar Harry Hikmat melalui konferensi Rakornas Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas yang diikuti di Jakarta, pada Selasa (5/4/2022).

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan bantuan minyak goreng kepada pedagang kaki lima (PKL) seperti penjual gorengan. Kedepannya, bantuan tersebut nantinya akan disalurkan melalui TNI/Polri yang memiliki data-data para pedagang.

Sebelumnya Jokowi telah memberikan BLT Minyak Goreng kepada para pedagang kecil dan penerima dikawsan Pasar Rakyat Angso Duo Baru, Kota Jambi, pada Kamis (7/4/2022).

Adanya program BLT Minyak Goreng merupakan wujud kepedulian pemerintah sekaligus perlindungan bagi masyarakat. Karena terdampak kainakan harga-harga bahan pokok.

Hal ini terjadi akibat dari kondisi ekonomi dunia dan menjelang Hari Raya Lebaran.

Demikian tadi penjelasan nengenai mekanisme penyaluran BLT minyak goreng yang akan cair pada bulan April 2022 ini melalui Kantor Pos. Semoga anda yang mendapatkan bantuan tersebut dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. (RKZ/sc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini