spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

BIN: Puncak Penyebaran Virus Corona di Bulan Ramadhan

KNews.id- Badan Intelijen Negara (BIN), memprediksi masa puncak penyebaran virus korona (COVID-19) di Indonesia jatuh pada bulan Ramadhan. Puncak penyebaran diperkirakan terjadi pada hari ke-60 hingga ke-80 sejak pertama kali kasus positif korona ditemukan, yakni pada 2 Maret lalu.

“Jadi, kalau kita hitung-hitung, masa puncak itu mungkin jatuhnya pada Mei, berdasarkan permodelan ini. Tepat ketika bulan puasa,” ujar Deputi V BIN, Afini Boer, dalam diskusi berjudul Bersatu Melawan Corona, Jumat, (13/3).

- Advertisement -

Afini juga menjelaskan, masa puncak penyebaran di Tiongkok ialah 60 hari. Sementara itu, otoritas Inggris memperkirakan masa puncak jatuh 130 hari.

“Indonesia sebetulnya bekerja sama dengan beberapa pihak. Itu sama juga membuat permodelan dari data yang sudah ada,” papar Afini.

- Advertisement -

Terkait dengan keterbukaan pemerintah yang dinilai minim terkait virus korona (COVID-19), Afini menilai penyebaran informasi terbilang cukup. Termasuk, informasi terkait klaster penyebaran.

“Soal klaster, secara implisit sebenarnya sudah diketahui. Seperti klaster Depok, lalu klaster ABK dari kapal Diamond Princess. Klaster yang pulang dari Wuhan. Jadi bukan tidak diumumkan. Lalu ditunjuk juru bicara. Sudah ada nomor pasien yang terinfeksi,” pungkasnya. (Fahad Hasan&DBS)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini