spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Biden Tiba-tiba Sebut G20 Bali dan Xi Jinping, Kenapa?

KNews.id-Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba-tiba menyinggung sol G20 yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia, November. Namun bukan acaranya, ia menyenggol khusus pemimpin dunia lain, Presiden China Xi Jinping.

Ia mengaku akan menemui Xi Jinping jika ia benar-benar datang ke G20. Ini mengindikasikan kemungkinan kedatangan Biden langsung ke puncak konferensi tingkat tinggi (KTT) itu.

- Advertisement -

“Jika dia (Xi Jinping) ada di sana, saya yakin saya akan melihatnya,” tegas Biden dikutip CNBC International, Rabu (7/9/2022).

Xi Jinping sendiri belum meninggalkan negara itu sejak Januari 2020, saat pandemi Covid-19 dimulai. Namun, akhir Juni lalu, ia sempat mendatangi kota otonomi khusus China Hong Kong, untuk peringatan kembalinya wilayah itu dari Inggris.

- Advertisement -

Biden dan Xi Jinping sendiri sebelumnya membahas pertemuan di G-20 selama panggilan telepon 28 Juli, di tengah meningkatnya ketegangan AS dan China akibat kedatangan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan. The Wall Street Journal sempat melaporkan bahwa para pejabat China merencanakan pertemuan antara Xi dan Biden di Asia Tenggara pada November.

Sementara itu, awal Agustus ini Xi Jinping memang disebut akan menghadiri KTT G20 termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin. Hal itu dikatakan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg News. (Ach/Cnbcind)

- Advertisement -

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini