spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

Biden Takut Ada Kejutan Oktober dari Rusia dan Korea Utara

KNews.id – Para pejabat Gedung Putih dilaporkan khawatir Rusia dan Korea Utara (Korut) mungkin berkonspirasi meningkatkan ketegangan geopolitik sebelum pemilu presiden Amerika Serikat (AS) tahun ini untuk membantu kandidat Partai Republik Donald Trump mengalahkan petahana Joe Biden.

Pemerintahan Biden “semakin khawatir” atas intensifikasi hubungan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

- Advertisement -

“Gedung Putih bersiap menghadapi kemungkinan Kim akan mengambil tindakan militer yang provokatif atas perintah Putin untuk meningkatkan peluang Trump dalam pemilu November,” ungkap outlet tersebut, mengutip enam pejabat senior yang tidak disebutkan namanya.

“Kami yakin Korea Utara akan melakukan tindakan provokatif tahun ini,” ujar seorang pejabat intelijen AS. “Ini hanya masalah seberapa eskalasinya.” NBC mengatakan tindakan seperti itu bisa diartikan sebagai “kejutan bulan Oktober”, yang berarti tindakan mengejutkan sesaat sebelum pemilu untuk memanipulasi pemilih.

- Advertisement -

Teorinya tampaknya bahwa dengan memicu peningkatan gejolak di belahan dunia lain, dengan konflik Rusia-Ukraina dan Israel-Hamas yang terus bergejolak, Kim dan Putin mungkin bisa membuat orang Amerika lebih cenderung memilih perubahan dalam kepemimpinan pemerintahan mereka.

Trump, yang diperkirakan akan menjadi calon presiden dari Partai Republik, telah melakukan pemungutan suara lebih dulu dibandingkan Biden di beberapa negara bagian yang diperkirakan akan menentukan hasil pemilu.

- Advertisement -

Dia berpendapat kepemimpinan Biden yang lemah menyebabkan konflik yang dimulai di bawah pengawasannya. Partai Demokrat menuduh Rusia melakukan campur tangan dalam pemilu AS tahun 2016, namun penyelidikan penasihat khusus Robert Mueller di ‘Russiagate’ menemukan tidak ada kolusi yang terjadi antara Moskow dan tim kampanye Trump yang menang.

Laporan media AS mengklaim Rusia sudah ikut campur dalam pemilu 2024. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menegaskan Moskow tidak ikut campur dalam pemilu AS yang lalu dan juga tidak akan melakukannya tahun ini.

Korea Utara telah meningkatkan kecepatan uji coba rudalnya sejak konflik Rusia-Ukraina dimulai pada Februari 2022, sehingga meningkatkan ketegangan dengan Korea Selatan dan Washington.

Pemerintahan Biden dilaporkan memperkirakan Pyongyang akan melakukan uji coba hulu ledak nuklir, yang akan menandai ledakan pertamanya sejak tahun 2017. Seorang pejabat AS mengatakan kepada NBC bahwa Washington akan “siap dan siap” untuk menanggapi uji coba nuklir semacam itu.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan bulan lalu bahwa peningkatan kerja sama strategis dengan Putin membuat Kim semakin berani. Dia memperingatkan “perkembangan hubungan” antara Rusia, China, Korea Utara, dan Iran. “Ini adalah sesuatu yang kami awasi dengan sangat cermat,” ujar dia kepada komite kongres AS.

(Zs/Snd)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini