spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Biden Mengakui Xi Jinping sosok yang Tangguh dan Cerdas, tapi tidak Mempunyai sikap Demokratis

KNews.id- Presiden Joe Biden mengakui belum berbicara dengan Presiden Xi Jinping sejak resmi menjabat sebagai presiden AS. Ia menjelaskan mengapa dia belum menelepon Xi, padahal saat ia menjabat sebagai wakil presiden Obama, keduanya bertemu berkali-kali.

“Kami belum sempat berbicara,” kata Biden. “Tidak ada alasan untuk tidak meneleponnya. Saya mungkin menghabiskan lebih banyak waktu dengan Xi Jinping ketika saya menjadi wakil presiden saat era Obama.”

Biden mengatakan ia mengenal Biden cukup baik. Dalam wawancara dengan CBS, Biden mengisyaratkan ingin mengatur ulang kebijakan AS-China dari pemerintahan Trump.

- Advertisement -

Menurutnya, kedua negara dapat menghindari konflik, meskipun secara terang-terangan dia mengatakan bahwa Xi tidak memiliki sikap demokratis.

“Dia sangat tangguh,” ujar Biden, menekankan bahwa Xi juga sangat cerdas.

“Dia tidak memiliki –saya tidak bermaksud sebagai kritik, hanya kenyataan- dia tidak memiliki ‘tulang di tubuhnya’ yang demokratis,” kata Biden, seperti idkutip dari SCMP, Ahad (7/2).

“Tapi akan ada persaingan ekstrim. Dan aku tidak akan melakukannya dengan cara yang dia tahu. Dan itu karena dia – mengirim sinyal juga. Saya tidak akan melakukannya seperti yang dilakukan Trump. Kami akan fokus pada aturan jalan internasional,” kata Biden.

China dianggap Washington sebagai musuh strategis nomor satu Amerika Serikat, dan tantangan utama di panggung dunia. Biden telah mengungkapkan, banyak tindakan yang lebih kontroversial di era Trump, sementara pada saat yang sama menandakan bahwa Amerika Serikat akan memperhatikan kepentingannya. (Ikh)

- Advertisement -

Sumber: RMOL

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini