spot_img
Selasa, Mei 14, 2024
spot_img

Biden Cetak Sejarah Jadi Presiden AS Pertama yang Ikut Aksi Demo

KNews.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mencetak sejarah sebagai presiden pertama yang ikut aksi demo saat masih aktif menjabat. Biden bergabung dengan para pekerja otomotif yang sedang berunjuk rasa di Michigan untuk memperjuangkan gaji dan kondisi kerja yang lebih baik.
Seperti dilansir AFP, Biden yang mengenakan topi bertuliskan United Auto Workers (UAW) berdiri di sebelah para pekerja otomotif yang berunjuk rasa di Michigan.

Biden bahkan menggunakan pengeras suara untuk menyerukan bahwa para pekerja otomotif berhak mendapatkan ‘lebih banyak daripada yang didapatkan’.

- Advertisement -

Aksi Biden ini menjadi langkah berani untuk mendapatkan suara kalangan kerah biru dalam persaingan dengan calon pesaing utamanya dalam pilpres tahun depan, Donald Trump. Kunjungan Biden yang singkat namun simbolis ini dilakukan sehari sebelum Trump mengunjungi Michigan.

Diketahui bahwa Michigan merupakan jantung bersejarah untuk industri mobil AS dan juga menjadi medan perebutan suara utama untuk kampanye pemilu 2024.

- Advertisement -

“Mereka melakukannya dengan sangat baik dan coba tebak, Anda juga seharusnya melakukannya dengan sangat baik,” ucap Biden dalam unjuk rasa itu, yang disambut sorak-sorai para anggota serikat pekerja otomotif.

Dalam unjuk rasa itu, Biden menyerukan para produsen mobil seperti Ford, General Motors dan Stellantis untuk ‘mengambil langkah membantu kami’. Biden kemudian berjabat tangan dengan para anggota serikat pekerja otomotif, dengan diawasi ketat oleh para agen Secret Service, dan menjawab setuju ketika ditanya apakah para karyawan harus mendapat kenaikan gaji sebesar 40 persen.

- Advertisement -

“Ini sangat berarti. Ini sangat bersejarah,” ucap salah satu karyawan pabrik General Motors, Carolyn Nippa (51), setelah memberi salam fist-bump dengan Biden.

Unjuk rasa para pekerja otomotif yang dimulai 15 September lalu ini semakin menjadi ajang politik bagi Biden dan Trump, yang diprediksi akan berhadapan kembali dalam pilpres tahun depan. Kunjungan Biden dirancang untuk menunjukkan kredibilitasnya yang pro-serikat pekerja di tengah meningkatnya kekhawatiran soal jajak pendapat, usia dan perjuangannya menyampaikan pesan ekonomi.

Gedung Putih menonjolkan elemen bersejarah tersebut, dengan Sekretaris Pers Karine Jean-Pierre menekankan bahwa ini menjadi momen ‘pertama kalinya seorang presiden yang sedang menjabat mengunjungi unjuk rasa di era modern’. Kunjungan Biden ini disambut baik oleh serikat pekerja Michigan, yang dukungannya sangat penting ketika dia mengalahkan Trump dalam pilpres 2020 lalu. (Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini