spot_img
Kamis, April 18, 2024
spot_img

Berikut Tips Memilih Makanan Bernutrisi terkait Pandemi

KNews.id- Di tengah pandemi covid-19 yang masih terjadi di Indonesia, kita disarankan untuk menjaga daya tahan tubuh salahsatunya melalui pilihan makanan yang bernutrisi dan kaya akan vitamin.

Berdasarkan sumber badan kesehatan dunia (WHO) maupun imbauan Kementerian Kesehatan RI, berikut beberapa pilihan makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah covid-19:

- Advertisement -

1. Konsumsi Buah dan Sayur Secara Rutin

Berdasarkan laman WHO, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya, 5 porsi buah-buahan dan sayuran (sekitar 400 gram) serta 160 gram produk biji-bijian dari tumbuhan (beans) serta 180 gram biji-bijian utuh per harinya.

- Advertisement -

2. Konsunsi Daging Secukupnya

Sementara itu, WHO juga menyarankan untuk mengkonsumsi daging secara cukup dan tidak berlebihan. WHO menyarankan, daging merah cukup dikonsumsi sebanyak 160 gram setiap 1 hingga 2 kali seminggu dan daging ayam 2 hingga 3 kali per minggu.

- Advertisement -

3. Minun Air Putuh Secara Rutin

Berdasarkan sumber penelitian kesehatan, mengkonsumsi air putih memainkan peran dalam mengatur suhu tubuh, membuang zat-zat sisa, serta melumasi sendi. Namun, kebutuhan air untuk tiap orang pasti berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, berat dan tinggi badan, jenis aktivitas, serta kondisi lingkungan. Sebagai informasi, banyak 20% hingga 30% sumber cairan dalam tubuh berasal dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Minumlah air sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap hari.

4. Penuhi Kebutuhan Vitamin dengan Suplemen Suplemen dan multivitamin tambahan dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda. Hal tersebut secara tidak langsung juga akan memelihara fungsi serta kesehatan sistem imun. Beberapa suplemen yang mampu menjaga kekebalan tubuh, yaitu vitamin C, kunyit, dan habbatussauda. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini