spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Berapa Idealnya Kartu Kredit di Dompetmu?

KNews.id- Rata-rata masyarakat yang tinggal di kota besar pasti memiliki kartu kredit setidaknya satu kartu . Bahkan tidak sedikit pula yang memiliki kartu kredit lebih dari satu kartu.

Analis CreditCards.com, Ted Rossman mengatakan, memiliki kartu kredit lebih dari satu wajar saja jika memiliki penghasilan yang sebanding. Yang bisa menjadi risiko adalah ketika memiliki terlalu banyak kartu kredit tapi tidak bisa mengelolanya dengan baik. Apalagi setiap kartu kredit memiliki biaya tahunan yang harus dibayar meski kartu tak dipakai untuk bertransaksi.

- Advertisement -

Oleh karenanya ia mengimbau, sebelum membuat kartu kredit ada baiknya anda bertanya tiga pertanyaan ini kepada diri sendiri, untuk mengetahui berapa banyak kartu kredit yang tepat untuk dimiliki.

  1. Apakah saya dapat melunasi pinjaman saya secara penuh dan tepat waktu setiap bulannya?

Sebelum menentukan seberapa banyak kartu kredit yang harus dimiliki, Rossman menyarankan untuk bertanya kepada diri sendiri, seberapa mampu membayarnya. Membayar tagihan secara penuh tanpa dicicil dan tepat waktu.

- Advertisement -

Menurut Rossman, jika seseorang boros dan tidak bertanggung jawab dalam membelanjakan uang maka tidak perlu memiliki kartu kredit sama sekali. Namun, jika dapat membelanjakan uang secara bertanggung jawab, maka kartu kredit bisa menjadi fasilitas untuk meningkatkan skor kredit seseorang.

“Saya pikir pada akhirnya itu datang untuk mengetahui diri Anda sendiri. Jika Anda adalah tipe orang yang benar-benar terorganisir dan dapat menggunakan ini seperti permainan dan memaksimalkan imbalan Anda di semua kategori yang berbeda ini, itu mungkin berhasil untuk Anda. Saya hanya berpikir untuk kebanyakan orang, lebih baik tetap sederhana,” kata Rossman dikutip dari CNBC Indonesia.

- Advertisement -
  1. Apakah saya akan ingat untuk memeriksa rekening kartu kredit?

Rossman menyebutkan, salah satu masalah yang bisa terjadi jika memiliki banyak kartu kredit adalah apakah bisa mengatur pengeluaran. Artinya, jika memiliki banyak kartu kredit maka harus sesering mungkin mencatat dan mengecek pemakaiannya sehingga tidak menumpuk.

Sebab, memiliki banyak kartu kredit berisiko lupa membayar tagihan. Ini tentub akan mempengaruhi skor kredit seseorang di perbankan. Selain itu, terlambat membayar tagihan akan membuat pembayaran lebih mahal karena akan dikenakan biaya bunga dan biaya keterlambatan.

  1. Apakah saya akan menggunakan semua kartu kredit ini?

Memiliki banyak kartu kredit bisa membuat seseorang lupa menggunakan semuanya. Ini akan merugikan karena dapat menyebabkan penutupan akun langsung oleh bank dan akan berdampak negatif pada skor kredit.

Oleh karenanya, untuk mengantisipasinya, pemilik kartu kredit lebih dari satu bisa memasang reminder tanggal jatuh tempo kartu kredit yang tidak sering digunakan setiap enam bulan sekali untuk melakukan aktivasi.

“Beberapa orang berpikir jika saya membatalkan kartu, itu akan segera hilang dari laporan kredit saya. Itu mitos. Informasi positif tetap ada hingga 10 tahun, informasi negatif hingga tujuh tahun,” jelas Rossman. (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini