spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Berapa Gaji Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina?

KNews.id- Berapa gaji Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina memang menarik dikulik.Pasalnya sejak 2019 lalu, Mantan Wakil Gubernur DKI ini resmi diangkat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Kabarnya, gaji Ahok sebagai Komisaris Utama lebih tinggi daripada gaji sebelumnya saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

- Advertisement -

Berapa gaji Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina ini sudah sesuai Peraturan Menteri BUMN PER-13/MBU/09/2021 yang ditandatangani oleh Erick Thohir pada 24 September 2021 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara menjabarkan, anggota direksi menerima penghasilan berupa gaji, tunjangan hari raya, tunjangan perumahan, asuransi purna jabatan, dan sejumlah insentif.

Dalam aturannya, honorarium komisaris utama sebesar 45% dari gaji direktur utama. Honorarium wakil komisaris utama sebesar 42,5% dari direktur utama. Sedangkan, honorarium anggota dewan komisaris 90% dari honorarium komisaris utama.

- Advertisement -

Dilansir dari kanal Youtube Najwa Shihab yang tayang pada 17 Agustus 2020 lalu, Ahok mengatakan jika gajinya mencapai Rp 170 jutaan per bulan.

“Rp 170 juta lah kira-kira.” ucap Ahok dalam kanal Youtube Najwa Shihab.

- Advertisement -

Tak hanya membahas mengenai gaji. Ahok juga membahas mengenai binus tantiem yang kabarnya bisa mencapai 50 kali gaji. Lebih lanjut lagi, Ahok mengatakan tidak tahu secara pasti berapa besarannya. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta pernah mendengar Direktur Utama bisa mendapatkan bonus tantiem mencapai Rp 25 miliar.

“Katanya ya tantiem itu, dulu, Dirut (Direktur Utama) bisa dapat Rp 25 miliar.” jelas Ahok.

Saat ini PT. Pertamina memiliki 7 orang komisaris, jadi jika dipukul rata perhitungan kompensasi pada laporan keuangan tahunan PT. Pertamina maka setiap komisaris menerima gaji sebesar USD 6 juta atau Rp. 89 miliar. (RZ/DTK)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini