spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Berang kepada Putin terkait Ukraina, Prancis Menyita Kapal Kargo Rusia!

KNews.id- Prancis dilaporkan telah melakukan penyitaan terhadap sebuah kapal kargo milik perusahaan Rusia. Penyitaan ini dilakukan pada saat kapal itu akan berlayar dari Prancis menuju Rusia pada Sabtu, (26/2).

Dalam laporan Al Jazeera, Kapten Veronique Magnin dari Prefektur Maritim Prancis mengatakan kapal kargo itu bernama Baltic Leader. Saat penyitaan, kapal itu berlayar dari Rouen, di Normandia menuju kota Saint Petersburg di Rusia.

- Advertisement -

“Kapal itu dihentikan di Selat Inggris dan dialihkan ke pelabuhan Boulogne-sur-Mer di Prancis utara pada dini hari Sabtu pagi,” ujarnya. “Pemeriksaan sedang dilakukan dan kru kapal bertindak kooperatif.”

Atas penyitaan ini, Kedutaan Rusia di Prancis sedang mencari penjelasan dari pihak berwenang negara itu atas keputusan penyitaan tersebut.

- Advertisement -

Prancis sendiri merupakan salah satu negara yang menjatuhkan sanksi terhadap Rusia akibat manuver Moskow yang melancarkan agresi ke Ukraina. Bersama rekannya dalam blok Uni Eropa (UE), Paris juga ikut menjatuhkan sanksi untuk mengisolasi Rusia dari pasar perbankan dunia.

“UE ingin memutuskan semua hubungan antara Rusia dan sistem keuangan global,” kata Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire, pada awal pertemuan para menteri keuangan Eropa. “Kami ingin mengisolasi Rusia secara finansial… Kami ingin mengeringkan pembiayaan.”

- Advertisement -

Rusia memutuskan untuk melakukan operasi militer ke Ukraina pada Kamis lalu. Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut bahwa hal ini dilakukan karena manuver Ukraina mendekati negara-negara Barat yang mengancam negaranya.

Selain itu, Putin juga menyebut serangan ini untuk menghentikan Pemerintah Ukraina yang dianggap telah melakukan genosida terhadap etnis Rusia yang berada di Timur negara itu. Saat ini, beberapa wilayah Timur itu seperti Donbass dan Krimea sudah jatuh dalam penguasaan Rusia. (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini