spot_img
Rabu, Mei 1, 2024
spot_img

BEI Ungkap Tiga Alasan Pasar Modal Syariah dapat Berkembang Pesat

KNews.id- Bursa Efek Indonesia (BEI) sangat optimis pasar modal syariah di Tanah Air bisa makin berkembang. Setidaknya ada tiga faktor pendukung yang jadi alasan pasar modal syariah bisa berkembang pesat. Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan, faktor yang sangat mendukung salah satunya populasi masyarakat muslim di Indonesia yang luar biasa besar jumlahnya.

“Kita sebenarnya merepresentasikan 13 persen dari populasi muslim di seluruh dunia,” ujar Hasan dalam acara Edukasi Wartawan dengan tema 1 Dekade Kebangkitan Pasar Modal Syariah secara virtual, Rabu (7/4).

- Advertisement -

“Ini potensi yang memang menjadi target yang bisa kita harapkan berkembang dari waktu ke waktu depannya,” sambungnya.

Alasan kedua, Hasan menyebut kontribusi aset pasar modal syariah Indonesia terhadap PDB yang masih cukup terbatas bisa ditingkatkan. Sekali pun dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan.

- Advertisement -

“Nah ini juga banyak ruang yang kita pandang menjadi ruang yang berpotensi untuk pengembangan lebih lanjut,” kata dia.

Dia mengatakan, BEI mencermati potensi perkembangan pasar modal syariah sebagai salah satu strategi yang dituangkan secara formal dan resmi ke dalam master plan BEI untuk lima tahun ke depan.

- Advertisement -

Ada empat pilar dari pengembangan master plan BEI, dimana pada pilar kedua secara spesifik menyasar atau mentargetkan pada pengembangan area pertumbuhan baru yang di dalamnya secara khusus menargetkan pasar modal syariah yang akan menjadi salah satu potensi pertumbuhan baru ke depannya.

“Pada pelaksanaannya, kita tuangkan kembali ke dalam action plan dalam bentuk RKAT Tahunan, jadi setiap tahunnya akan muncul insiatif-inisiatif yang mengarah kepada pengembangan di pasar modal syariah,” ucapnya. (Ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini