spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Begini Strategi Jalin Hadapi Lonjakan Transaksi Keuangan Digital Saat Lebaran 2024

 

KNews.id – PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), sub holding dari perusahaan BUMN PT Danareksa, mengungkapkan akan ada peningkatan jumlah transaksi selama periode Lebaran 2024.

- Advertisement -

Data memprediksi kalau tahun ini, akan ada kenaikan angka transaksi sebesar 26,24 persen secara year on year (yoy) dari 108 juta transaksi pada 2023 lalu menjadi 137 juta transaksi.

Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji menyatakan, lonjakan transaksi keuangan ini diprediksi terjadi pada 4-16 April 2024. Diperkirakan, transaksi melalui berbagai macam kanal pembayaran akan meningkat. Penggunaan ATM, Debit, serta QRIS oleh masyarakat akan naik dibandingkan rata-rata harian tahun 2024.

- Advertisement -

“Jalin telah mempersiapkan seluruh seluruh layanan operasional baik transaksi yang menggunakan layanan digital maupun optimasi layanan ATM Link untuk menopang lonjakan transaksi member kami di sektor perbankan maupun fintech,” ujarnya pada Senin, 25 Maret 2024.

Dan semakin cepatnya proses digitalisasi di Indonesia, orang-orang semakin mudah untuk memenuhi kebutuhan mereka melalui transaksi digital. Ario mengatakan, pihaknya sudah mengawasi beberapa aspek yang berpotensi menghambat transaksi digital.

- Advertisement -

“Yang harus kita antisipasi adalah serangan siber dan juga penyalahgunaan sistem. Contohnya, (peristiwa) QRIS Masjid dan lainnya, yang sifatnya bukan sistem, tapi yang modelnya human fraud atau social engineering ini masih patut diwaspadai,” tutur Ario.

Sistem transaksi digital macam BI-Fast, menurut Ario, sudah cukup kokoh untuk menghadapi “lonjakan” di hari Lebaran. Pun jika ada kecacatan dalam proses transaksi, masih ada 4 metode alternatif untuk pembayaran digital, meskipun nasabah harus bersiap dengan biaya transfer yang lebih mahal.

“Memang ada dampak seperti itu. Tapi, kalau masuk ke dalam 4 switching nasional itu, harus diakui kehandalannya memang. Ada harga ada rupa,” tambah Ario.

Cegah Transaksi Macet Saat Lebaran

Untuk itu, VP Back Office Business Operation Jalin, Opi Aji, membeberkan 3 langkah yang mereka lakukan untuk memastikan kelancaran transaksi ketika momen Lebaran. Langkah-langkah yang ia maksud yaitu menyelenggarakan health check system, forum operational member, dan posko Ramadan dan Idulfitri (RaFi) 2024.

Dalam melakukan health check system, Opi menitikberatkan kepada 3 fokus utama, yaitu kapasitas sistem, infrastruktur, dan jaringan informasi teknologi berjalan dengan baik. Proses ini juga dilakukan lebih sering dibanding hari-hari biasa.

“Sebetulnya, ini sudah kegiatan rutin kami. Namun, spesial untuk edisi Lebaran, kami lakukan 2 kali yaitu di awal dan juga di akhir bulan. Tujuannya apa? Untuk memastikan keandalan sistemnya Jalin,” kata Opi.

Selanjutnya adalah melaksanakan forum bersama anggota dan mitra Jalin, yang saat ini jumlahnya sekitar 50 perusahaan, meliputi perbankan, financial technology (fintech), dan lainnya. Opi mengklaim, Jalin adalah satu-satunya perusahaan yang menjalankan kegiatan seperti ini.

“Saya cukup pede kalau hanya Jalin yang melakukan persiapan operasional bersama 50 member atau sekitar 200 orang, dalam melakukan persiapan operasional selama hari raya Idulfitri 2024,” papar Opi.

Bersamaan dengan forum ini, dilaksanakan juga yang namanya Posko RaFi. Adanya posko ini bertujuan agar para anggota Jalin memahami kesiapan dalam menghadapi transaksi di periode Idul Fitri, serta mengomunikasikan kendala yang mereka temukan.

Opi bahkan mengaku kalau direksi Jalin juga turut serta mengawasi forum ini, dan anggotanya juga senantiasa bersiap siaga 24/7 untuk menghadapi anggota-anggota Jalin.

“Posko RaFi ini akan melibatkan bapak dan ibu BoD (Board of Directors), kemudian seluruh VP, dan juga tim 24/7 kami yang selalu on. Kami juga melibatkan mitra baik itu yang lokal maupun di luar negeri,” pungkasnya.

(Zs/IN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini