spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Begini Keunggulan Kapal Selam Scorpene yang Bakal Dimiliki Indonesia

KNews – Begini keunggulan kapal selam Scorpene yang bakal dimiliki RI. Indonesia bakal punya kapal selam Scorpene lho. Kepastian ini menusul kesepakatan kerja sama antara Indonesia dan Perancis untuk riset dan pengembangan Kapal Selam Scorpene.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembangunan 2 unit kapal selam Scorpene dilakukan oleh CEO PT PAL dan Naval Group.

- Advertisement -

Kerja sama pembuatan kapal selam Scorpene ini disaksikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence Parly pada Kamis, 10 Februari 2022 di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

PT PAL akan melakukan riset dan pengembangan serta membangun beberapa unit kapal selam Scorpene dengan asistensi Naval Group.

- Advertisement -

“Penandatanganan MoU kerja sama bidang research and development tentang kapal selam antara PAL dan Naval Group, yang akan mengarah pada pembelian dua unit kapal selam scorpene dengan teknologi AIP dan lengkap dengan persenjataannya” tutur Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam penandatangan MoU dengan Prancis pekan lalu, dikutip dari laman PAL, Senin 14 Februari 2022.

Jadi dengan kerja sama ini, Indonesia akan beli dua kapal selam Scorpene dan kapal selam ini akan dibuat di PAL alias di Indonesia, dengan pengawasan dari Naval Group.

- Advertisement -

Pembuatan kapal selam Scorpene ini muncul dengan semangat implementasi penguasaan teknologi, jadi ada transfer of knowledge gitu.

Selain itu, kerja sama antara PAL dan Naval Group merupakan bentuk realisasi program modernisasi alutsista yang dilakukan Kementerian Pertahanan RI dalam upaya memperkuat kemampuan pertahanan TNI, hingga 20 tahun ke depan melalui pemenuhan armada pertahanan khususnya Angkatan Laut (AL).

Nah kalian penasaran apa sih Kapal selam Scorpene itu? Dikutip dari rilis Kemenhan, jadi ini adalah kapal selam propulsi konvesional, yang dirancang untuk semua jenis misi termasuk peperangan anti permukaan (anti surface warfare), peperangan anti kapal selam (anti submarine warfare), operasi khusus dan intelijen.

Hadirnya kapal selam Scorpene, sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan armada pertahanan matra laut, membantu mengamankan wilayah perairan serta memperkuat industri pertahanan Indonesia.

Teknologi Kapal Selam Scorpene

Kapal selam ini punya bobot 1500 ton, nemampung 32 kru. Kapal ini termasuk kapal selam kelas Diesel Electric Attack. Kapal selam Scorpene ini punya 4 generator denhan daya 2.500 kw.

Soal kemampuan menyelam, kapal selam ini bisa bermanuver sampai di kedalaman laut sampai 300 meter.

Nah kemampuan lajunya, kapal selam Scorpene ini mampu melaju dengan kecepatan 37 kilometer per jam di dalam air dan 22 kilometer per jam di permukaan air.

Ngomong-ngomong soal teknologi, kapal selam Scorpene ini dibekali sederetan teknologi.

Di antaranya Teknologi Air Independent Proulsion (AIP) yang membuat kapal selam ini lebih tahan lama saat menyelam.

Teknologi lainnya, kapal selam ini dilengkapi dengan Permanent Magnet Synchronous Motor dengan fitur akustik, magnetik, elektromagnetik dan inframerah yang sangat rendah.

Nggak cukup itu saja lho Sobat Hopers. Kapal selam Scorpene ini punya teknologi senyap mutakhir yang membuat kapal ini sulit dideteksi lawan dan mampu mendeteksi musuh dari jarak jauh.

Sistem Persenjataan

Selain teknologi, sebagai kapal penjaga pertahanan Indonesia, kapal selam Scorpene ini juga dilengkapi dengan sistem persenjataan.

Sistem senjata yang digendong kapal selam ini adalah 6 tabung peluncur torpedo 533 mm. Dengan sistem ini kapal bisa meluncurkan torpedo kelas berat Black Shark atau rudal anti kapal Exocet Sm.39.

Senjata lainya, kapal selam ini punya sistem tempur Submarine Tactical Integrated Combat System (SUBTICS).

Sebagai pelengkap pula, kapal selam Scorpene ini membawa 30 ranjau laut. Sejumlah negara yang telah memiliki kapal selam Scorpene adalah India, Malaysia, Chile sampai Brasil. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini