spot_img
Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Begini Cara PLN buat Ekspor Listrik ke Singapura

KNews.id – Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menyebut, PT PLN (Persero) ditunjuk sebagai koordinator dalam penyediaan transmisi untuk ekspor listrik ke Singapura. Sebagaimana diketahui, pihak Indonesia dan Singapura baru saja meneken nota kesepahaman terkait perdagangan listrik ini.
Sementara, dari pihak Singapura menunjuk Energy Market Authority Singapore (EMA).

“Untuk yang transmisi itu ditunjuk PLN menjadi koordinator, menjadi contact point dari sisi Indonesia, kan tidak hanya pembangkitnya, karena kan agak jauh ya ini kan dipisahkan sama laut, jadi harus ada transmisi, itu dari pihak PLN, Singapuranya EMA Energy Market Authority, itu mereka akan segera mendiskusikan hal tersebut,” terangnya di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (8/9/2023).

- Advertisement -

Dadan belum bisa memastikan rencana ekspor listrik Indonesia ke Singapura ini terealisasi. Setelah penandatangan nota kesepahaman, Dadan mengatakan, Singapura akan menyampaikan kebutuhan listriknya. Dari informasi yang diterimanya, Singapura membutuhkan listrik 2 gigawatt (GW).

“Ya itu, kita nunggu dari Singapura secara resmi, secara formal menyampaikan ke Indonesia seperti apa sih, saya dengar, saya dengar katanya 2 GW, tapi itu kita belum lihat ini kapan 2 GW, yang saya dengar seperti itu,” katanya.

- Advertisement -

Bicara wujud transmisi, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman T Hutajulu mengatakan, pasti akan dipilih teknologi terbaik. Hal ini mengingat transmisi ini akan melewati laut.

“Ada nanti teknologinya, teknologi yang terbaik apa, tapi bayangan kita harus melalui laut lah, apakah dari bawah sebagian apakah dari atas. Nanti ada EPS yang terbaik untuk itu,” katanya. (Zs/Dtk.F)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini