spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Begini Cara Dzu as Suwaiqatain Robohkan Ka’bah di Akhir Zaman

KNews.id-Detik-detik jelang kehancuran alam semesta atau hari kiamat, Rasulullah SAW menyebutkan dalam haditsnya bahwa Ka’bah akan hancur hingga tidak ada lagi yang akan menunaikan haji maupun umroh. Berdasarkan haditsnya, kehancuran Ka’bah juga disebut berada di tangan sosok bernama Dzu as Suwaiqatain bersama pasukannya.

Dzu as Suwaiqatain berasal bangsa Habasyah. Keterangan tersebut dilandasi dari hadits riwayat dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda dalam Shahih Muslim Jilid 1, “Dzu as Suwaiqatain dari Habasyah akan merobohkan Baitullah (Ka’bah).” (HR Muslim)

- Advertisement -

Cara Dzu as Suwaiqatain Hancurkan Ka’bah di Akhir Zaman
Bagaimana cara Dzu as Suwaiqatain menghancurkan Ka’bah pun dijelaskan dalam keterangan hadits Rasulullah SAW. Salah satunya dalam riwayat hadits yang dikisahkan dari Abdillah bin Amru RA.

Berdasarkan hadits tersebut, Dzu as Suwaiqatain menghancurkan Ka’bah dengan merampas perhiasan Ka’bah, melepas kain penutup Ka’bah (kiswah), hingga merusak Ka’bah dengan cangkul dan sekopnya. Berikut bunyi hadits yang bersanad jayyid dan kuat tersebut.

- Advertisement -

يُخَرِّبُ الْكَعْبَةَ ذُو السُّوَيْقَتَيْنِ مِنَ الْحَبَشَةِ، وَيَسْلُبُهَا حِلْيَتَهَا، وَيُجَرِّدُهَا مِنْ كُسْوَتِهَا، وَلَكَأَنِّى أَنْظُرُ إِلَيْهِ أُصَيْلِعَ أُفَيْدِعَ يَضْرِبُ عَلَيْهَا بِمِسْحَاتِهِ وَمِعْوَلِهِ.

Artinya: “Kakbah dihancurkan oleh Dzu as Suwaiqatain dari Habasyah, perhiasannya dirampas, dan lepaskan kain penutupnya. Seakan-akan aku melihat kepalanya botak dan bengkok tulang-tulang persendiannya. Ia menghantam Kakbah dengan cangkul dan sekopnya,” (HR Ahmad).

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini