spot_img
Kamis, Juni 20, 2024
spot_img

Bedanya Penyakit Batu Ginjal dan Kencing Batu

KNews.id – Jakarta – Beberapa orang mungkin masih sulit membedakan antara batu ginjal dengan kencing batu. Hal ini lantaran kedua penyakit tersebut dapat menyerang saluran kencing dan menimbulkan nyeri.

Namun, batu ginjal dan kencing batu adalah dua penyakit yang berbeda. Spesialis urologi dari Siloam Hospitals ASRI, Prof Dr dr Nur Rasyid, SpU-K mengatakan salah satu perbedaan antara batu ginjal dan kencing batu adalah dari letak terjadinya endapan.

- Advertisement -

“Jadi kencing batu itu adalah batu di semua saluran kencing kita, bisa di ginjal, bisa di ureter, bisa di kandung kencing. Kalau batu ginjal ya batu yang ada di ginjal,” ujarnya saat ditemui di Jakarta Pusat.

Tak hanya itu, perbedaan batu ginjal dan kencing batu juga dapat dikenali dari gejala yang dirasakan. Pada kencing batu, pasien biasanya akan merasakan sakit tiap kali buang air kecil. Namun pada batu ginjal, pasien bisa saja tidak merasakan keluhan. Hal ini dikarenakan batu ginjal belum menyebabkan penyumbatan, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit.

- Advertisement -

“Kalau keluhannya batu ginjal, nggak selalu ada keluhan. Batu itu bikin sakit kalau dia menyumbat,” ucap Prof Nur Rasyid.

Jika terjadi keluhan pada pengidap batu ginjal, gejala yang bisa muncul seperti nyeri yang tajam di samping punggung, di bawah tulang rusuk. Selain itu pasien juga bisa merasakan nyeri yang menjalar ke perut bagian bawah dan selangkangan.

- Advertisement -

Kendati demikian, Prof Rasyid menegaskan batu ginjal yang tidak menyumbat juga perlu dihilangkan. Pasalnya, keberadaan batu tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi.

“Kalau nggak menyumbat perlu dihilangkan dok? Perlu, karena salah satunya meningkatkan risiko infeksi ginjal. Ginjal itu bisa rusak lebih cepat karena infeksi dibanding karena kesumbat oleh batu,” jelasnya.

“Kita nggak pernah tahu kapan ginjalnya akan infeksi. Kalau infeksi berulang, itu yang bikin ginjal rusak,” pungkas Prof Rasyid.

(Fhd/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini