spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

BCA Syariah Raup Laba Bersih Rp45,4 Miliar di Semester I 2022

KNews.id –Aktivitas ekonomi masyarakat yang semakin menggeliat membuat sektor usaha kembali berekspansi. Kondisi ekonomi yang semakin membaik menjadi momentum bagi PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) untuk membukukan kinerja positif hingga enam bulan pertama tahun 2022.

Kemampuan perusahaan dalam menjaga kinerjanya tercermin dalam laba perusahaan yang terus tumbuh. Tercatat pada Juni 2022, BCA Syariah membukukan pertumbuhan Laba Sebelum Pajak sebesar 31,6% dengan jumlah Rp58,2 miliar, dan Laba Sesudah Pajak tumbuh dengan jumlah presentase yang sama menjadi Rp45,4 miliar.

- Advertisement -

Di tengah mulai meningkatnya permintaan pembiayaan di semester 1-2022, pembiayaan BCA Syariah pun ikut tumbuh sebesar 19,6% year on year (yoy) mencapai Rp7 triliun. Pertumbuhan pembiayaan terjadi di semua segmen baik komersial, konsumer maupun UMKM.

BACA JUGATotal Pembiayaan Restrukturisasi BCA Syariah Terus Berkurang

- Advertisement -

“Ternyata pembiayaan tumbuh 19 persen jadi itu capaian yang alhamdulillah baik, artinya momentum itu sendiri kami rasakan dan kami dapat berkahnya juga di situ,” ungkap Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum, kepada awak media di kantor pusat BCA Syariah, Kamis, 4 Agustus 2022.

Portofolio pembiayaan komersial masih menopang penyaluran pembiayaan BCA Syariah dengan komposisi 71,7% dari total pembiayaan sejumlah Rp5 triliun. Diikuti oleh portofolio pembiayaan UMKM dengan komposisi 24,2% dari total pembiayaan sejumlah Rp1,7 triliun. Sementara pembiayaan konsumer tumbuh sebesar 109,8% atau dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

- Advertisement -

Moncernya pembiayaan BCA Syariah ditopang oleh kemampuan bank dalam menghimpun dana pihak ketiga (DPK). Per Semester 1 2022, DPK naik 16,3% menjadi Rp7,9 triliun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pertumbuhan DPK ditopang oleh perolehan dana pada produk tabungan yang tumbuh 32,6% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara Giro tumbuh 16,0%. Pertumbuhan tabungan mendorong meningkatnya perolehan CASA sehingga mencapai 38,4% dari total DPK.

Pertumbuhan CASA BCA Syariah turut diikuti dengan peningkatan aktivitas transaksi perbankan secara digital.

Per semester I-2022, volume transaksi digital BCA Syariah terbanyak adalah melalui mobile banking dengan jumlah pengguna yang tumbuh signifikan sebesar 46% secara tahunan dan frekuensi transaksi mencapai 2,6 juta transaksi. Frekuensi transaksi ini mencapai 56% dari total transaksi nasabah yang dilakukan melalui BCA Syariah.

“Kami terus memacu sinergi dengan BCA untuk mendukung berbagai inisiatif dan inovasi digital agar dapat menghadirkan transaksi yang cepat, mudah dan aman sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Fitur-fitur baru dan kemudahan transaksi di berbagai channel perbankan elektronik terus kami upayakan sehingga preferensi masyarakat untuk memilih BCA Syariah semakin meningkat,” ungkap Yuli. (OZ/IN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini