spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

BCA Juga Siap Kucurkan Kredit untuk Pengadaan Vaksin Covid-19

KNews.id- PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) akan ikut terlibat dalam pembiayaan pengadaan vaksin Covid-19. Ini jadi dukungan sekaligus komitmen BCA terhadap dalam upaya penanggulangan pandemi.

“Saat ini kami sedang siapkan,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiatmadja kepada Kontan, Selasa (15/12). Sayang, Jahja masih enggan membeberkan lebih lanjut rencana ini.

- Advertisement -

Sementara EVP Secretariat and Corporate Communication BCA Hera F Haryn bilang, pembiayaan dari perseroan terutama akan dilakukan terhadap proses distribusi vaksin.

“Hingga saat ini, kami sedang berkoordinasi dan berkomunikasi dengan beberapa pihak terkait untuk rencana fasilitasi pembiayaan distribusi vaksin. Kami berharap proses ini dapat berjalan lancar dan pada akhirnya dapat memberikan kontribusi positif dalam penanggulangan Covid-19 di Indonesia.,” jelasnya.

- Advertisement -

Hingga kini baru ada PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) yang telah mengumumkan pembiayaannya terkait pengadaan vaksin Covid-19 di dalam negeri.

Melalui Unit Usaha Syariah (UUS), Maybank Indonesia mengucurkan omnibus line facility sebesar US$ 185 juta atau setara Rp 2,68 triliun kepada PT Bio Farma melalui beberapa tahap. Sementara fasilitas pembiayaan tersebut mencakup proposisi syariah, musharakah trade financing serta forward hedging.

- Advertisement -

“Fasilitas yang kita berikan kepada perusahaan farmasi BUMN sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun yang baru ini memang khusus untuk kebutuhan penyediaan vaksin Covid-19,” ungkap Presiden Direktur Maybank Taswin Zakaria.

Sementara dalam pernyataan tertulis, Senin (14/12), Direktur Keuangan dan Mitra Bisnis Bio Farma I Gusti Ngurah Suharta Wijaya bilang, pihaknya kini memang membutuhkan pendanaan terutama dari perbankan terkait proses pengadaan vaksin Covid-19.

Maklum, Bio Farma memang punya tugas untuk mempersiapkan 15 juta bulk vaksin tahap pertama.

“Mengingat akan luas dan besarnya skala penanggulangan pandemi, kami membutuhkan mitra perbankan yang solid dan inovatif dalam memberikan solusi finansial yang tepat.” imbuhnya. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini