spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Bayar Utang Pemerintah dan Menjaga Rupiah, Cadangan Devisa Indonesia Anjlok USD4,2 Miliar!

KNews.id- Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juli 2022 sebesar USD132,2 miliar, atau menurun USD4,2 miliar bila dibandingkan dengan posisi cadangan devisa pada akhir Juni 2022 yang sebesar USD136,4 miliar.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, penurunan posisi cadangan devisa pada Juli 2022 antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri Pemerintah dan kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar Rupiah sejalan dengan masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global.

- Advertisement -

“Cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” Aujar Erwin dalam keterangannya, Jumat, 5 Agustus.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, bahwa posisi cadangan devisa yang sebesar USD132,2 miliar tersebut setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

- Advertisement -

“Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung proses pemulihan ekonomi nasional,” tukasnya. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini