spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Batal Menjadi Stasiun Kereta Cepat, Walini akan Bernasib seperti Jonggol!

KNews.id- Kabar buruk buat pemilik tanah di Walini, Bandung Barat. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) batal membangun stasiun di Walini. Kabar tersebut tentu akan membuat para pemilik lahan di Walini gusar, terutama para spekulan. Bagaimana tidak, harga tanah di sana sudah naik gila-gilaan dan sudah ditawarkan dengan berbagai macam promosi.

Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) Panangian Simanungkalit menilai, kawasan Walini bakal bernasib sama dengan Jonggol yang juga pernah dikerubungi para spekulan.

- Advertisement -

“Itu kan spekulasi, itu risiko dari pembelinya, karena dulu juga Jonggol dibikin seperti kota baru, terus nggak jadi. Bisa bernasib sama dengan Jonggol, karena Walini ini sebagai konsep pengembangan, kalau nggak jadi entah karena over run cost atau apapun ya itu nilai propertinya akan turun,” tuturnya saat dihubungi detikcom, Selasa (19/10).

Jonggol sendiri memang beberapa kali menarik perhatian para spekulan karena adanya beberapa rencana pengembangan. Pernah disebut menjadi ibu kota baru hingga yang terbaru adanya rencana pengembangan Jonggol menjadi kota baru.

- Advertisement -

Panangian menilai kenaikan harga yang sudah terjadi di Walini maupun Jonggol akan terus turun hingga lebih rendah dari harga awal.

“Wah lebih parah (penurunannya), karena sudah naik tinggi. Biasanya kalau spekulan begitu. Spekulan inikan bukan hanya tingkat individu, tingkat perusahaan juga banyak. Mereka mainnya bisa puluhan hektare,” ucapnya.

- Advertisement -

Tidak hanya menanggung kerugian dari segi penurunan harga, menurut Panangian tanah di Walini juga akan sulit untuk dijual.

“Ya bakalan susah dijual, pertanyaannya siapa yang mau beli? Karena kalau di sana nggak ada manfaatnya ya pembeli nggak akan ada yang mau, walaupun diiming-imingi apapun,” ucapnya.

Dari penelusuran detikcom, di sejumlah website penjualan properti, ada jumlah perumahan hingga tanah yang dibangun hingga dijual dengan promosi embel-embel dekat dengan stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung Walini.

Misalnya, dari website dotproperty.id, ada perumahan minimalis yang dijual. Harganya mencapai Rp 1,7 miliar. Dalam deskripsi tercatat perumahan itu langsung terakses dengan tol Jakarta-Bandung dan langsung ke Stasiun kereta Cepat Walini.

Untuk spesifikasi bangunan rumah 2021 ini, memiliki luas tanah dari rumah itu sebesar 120 m2, luas bangunan 94 m2, kamar tidur 3, dan kamar mandi 2.

“Pasokan Listrik (watt): 2600watt, sumber air PAM, Carpot 1 mobil, jumlah lantai 2, bebas banjir, akses ke jalan 6 m,” lanjut spesifikasi rumah tersebut.

Masih di website yang sama, ditawarkan juga lahan produktif yang disebut-sebut dekat dengan stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung, Walini. Tepat lokasinya di Cikalong, Jawa Barat.

Harga untuk lahan itu Rp 2,18 miliar untuk 10.000 m. Lahan itu disebut sudah akan dalam proses pembangunan berbarengan dengan dibangunnya kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Investasi tanah di Jakarta 2 miliar cuma dapat 100 meter, di Kota Baru Walini bisa dapat 10.000meter,” tulis admin.

Pihak properti juga memastikan kawasan itu bagus untuk bisnis. Belum lagi admin juga memberikan diskon Corona.

“Diskon Corona super dahsyat harga cuma Rp 218.000/m lokasi di Zona Kuning/Perumahan yang berjarak cuma beberapa menit dari Pusat Kota Walini,” lanjut admin.

Selain rumah, ada juga tanah kavling yang dijual. Tanah itu dijual dengan harga Rp 298 juta dengan luas tanah 250 m2 per meter persegi harganya Rp 1,192 juta. Tanah itu dijual di Cipadakati Cikalongwetan, Cikalong Wetan, Bandung Barat, Jawa Barat.

“Kavling Walini Dekat Stasiun Kereta Cepat Bandung Jakarta,” tulis judul di website rumah.com. (AHM/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini