spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Membantu Menggempur Rusia, 1.500 Rudal Anti-pesawat Jerman Tiba di Ukraina!

KNews.id- Sebanyak 1.500 rudal anti-pesawat Strela dan 100 senapan mesin MG3 dilaporkan telah tiba di Ukraina dari Jerman pada Jumat (25/3).

Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, menuturkan ribuan rudal dan senapan mesin itu dikirim guna membantu Ukraina menghadapi gempuran Rusia yang sudah berlangsung sebulan lebih.

- Advertisement -

“Kami adalah salah satu pemasok senjata terbesar dalam situasi ini, itu tidak membuat kami bangga, tetapi itu lah yang harus kami lakukan untuk membantu Ukraina,” kata Baerbock seperti dikutip Reuters.

Rudal Strela telah menjadi senjata cadangan bekas tentara Jerman Timur. Baerbock mengatakan Jerman masih akan mengirim pasokan senjata lainnya ke Ukraina. Namun, hal itu masih akan menyusul mengingat ada penundaan pengiriman.

- Advertisement -

Selain Jerman, sejumlah negara Barat juga terus berupaya memasok senjata bagi Ukraina yang masih berupaya menghadapi gempuran Rusia. Baru-baru ini, Inggris juga mengirim 6.000 rudal tambahan dan dana 30 juta euro (Rp474 miliar) bagi Ukraina.

“Kami tak bisa dan tak akan berdiam diri sementara Rusia menghancurkan kota-kota Ukraina menjadi debu,” kata Perdana Menteri Boris Johnson dalam pernyataan resmi pada Kamis (24/3) dikutip AFP.

- Advertisement -

“Inggris akan bekerja sama dengan sekutu kami untuk meningkatkan dukungan militer dan ekonomi ke Ukraina, memperkuat pertahanan mereka saat mereka membalikkan keadaan dalam peperangan ini.”

Meski disebut mulai leluasa melancarkan serangan balasan dan membuat tentara Rusia kewalahan, pasukan Ukraina disebut masih membutuhkan bantuan militer dan logistik.

Ukraina disebut membutuhkan setidaknya 500 rudal anti-tank Javelin dan rudal anti pesawat Stinger setiap harinya untuk memperkuat pertahanan. Kebutuhan ini terungkap dalam dokumen daftar permintaan militer tambahan yang diajukan Ukraina ke Amerika Serikat.

Seorang sumber kepada CNN mengatakan, permintaan jumlah rudal dari Ukraina kini lebih banyak daripada daftar permintaan senjata sebelumnya yang diberikan kepada Amerika beberapa pekan lalu. Selain meminta kedua jenis rudal tadi, Ukraina juga meminta jet tempur, helikopter tempur, dan sistem anti-pesawat seperti S-300. Ada pula permintaan dua jenis jet tempur buatan Rusia. (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini