spot_img
Sabtu, Maret 2, 2024
spot_img

Bank Syariah Lebih Mampu Memitigasi Krisis Dibanding Bank Konven

KNews.id- Perbankan syariah dipercaya lebih mampu untuk memitigasi risiko krisis ekonomi 2020 ketimbang perbankan konvensional. Hal tersebut terjadi lantaran pertumbuhan bisnis bank syariah terutama pembiayaan yang masih tumbuh double digit pada akhir 2019 lalu.

“Perbankan syariah itu pertumbuhannya (di akhir tahun 2019) masih di atas 10% sedangkan bank konvensional itu pertumbuhan kredit dan DPK itu justru sudah 6% makin tertekan lagi,” kata Ekonom Indef Abra Talatov saat live video conference di Jakarta, Senin (27/4).

Tak hanya itu, Abra memandang kredit macet atau NPF perbankan syariah juga semakin membaik dalam tiga tahun terakhir hal tersebut menunjukan kompetensi pengelolaan kredit yang baik di bank syariah. Dari data OJK, NPF Bank Syariah semakin membaik di Januari 2020 mencapai 3,46% sedangkan tahun 2017 sempat mencapai 4,76% dan 2016 di 4,42%.

“Ini kan belajar dari pengalaman sebelumnya bahwa perbankan syariah sekarang semakin baik untuk melakukan pembiayaan. Sehingga dalam situasi krisis nanti, perbankan syariah yang lebih siap untuk memitigasi dan menjadi potensi pertumbuhan,” tambah Abra.

Sebagai informasi saja, perbankan syariah masih mencatatkan pertumbuhan intermediasi double digit di tengah lesunya pertumbuhan ekonomi nasional. Terlihat pada akhir tahun 2019 penyaluran kredit perbankan cuma tumbuh 6,08%, jauh merosot dibandingkan pertumbuhan pada 2018 sebesar 11,7%.

- Advertisement -

Adapun per November 2019, bank-bank syariah tanah air berhasil mencatat pertumbuhan pembiayaan 10,21%. Melesat jauh dibandingkan raihan serupa tahun lalu sebesar 4,19%. (Fahad Hasan&DBS)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini