spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Bank Milik Tahir Restui Rights Issue Jumbo, Cathay Mau Serap?

KNews.id- Emiten milik taipan Dato’ Sri Tahir, PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA) telah menyetujui rencana penawaran umum terbatas (PUT) XIII melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue sebanyak 5 miliar saham baru.

Tim Sekretaris Perusahaan Bank Mayapada menyampaikan, nantinya, rights issue tersebut setara dengan 42,25% dari modal disetor dan akan diterbitkan sebagai saham biasa atas nama Seri B.

- Advertisement -

“Rapat menyetujui untuk melakukan Penawaran Umum Terbatas XIII dengan cara menerbitkan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) kepada Para Pemegang Saham Perseroan dalam jumlah sebanyak-banyaknya 5 miliar saham biasa,” tulis MAYA, dalam keterangan yang diperoleh CNBC Indonesia, Senin (4/1).

Namun, dalam keterangan tersebut belum menetapkan harga pelaksanaan saham yang akan diterbitkan, indikasi jadwal penawaran HMETD dan melakukan segala sesuatu terkait dengan PUT XIII tersebut.

- Advertisement -

Jika mengacu pada harga saham MAYA pada penutupan perdagangan sore ini, Senin (4/1/2021) di level Rp 7.700 per saham, dengan rights issue tersebut, Mayapda berpotensi meraih dana sebesar Rp 38,50 triliun.

Saat ini, nilai kapitalisasi pasar Mayapada di BEI sebesar Rp 52,61 triliun. Dari sisi komposisi pemegang saham yang efektif per 30 November 2020 antara lain, JPMCB Na-Re Cathay Life Insurance Co Ltd selaku pengendali dengan kepemilikan 37,33%.

- Advertisement -

Selanjutnya, PT Mayapada Karunia Corporation yang juga pengendali dengan porsi kepemilikan 26,42%. Berikutnya, Galasco Investments Limited sebesar 12,67%. Unity Rise Limited sebesar 7,31%, dan sisanya saham publik sebesar 16,27%.

CNBC Indonesia mencatat, kabar Cathay Life memperbesar porsi kepemilikannya sempat mencuat sejak pertengahan Juli tahun lalu. Hal ini turut dibenarkan manajemenBank Mayapada, di mana Cathay Financial Holding memang sedang dalam tahap untuk memperbesar kepemilikan saham di Bank Mayapada.

Meski demikian, belum ada pembahasan secara konkrit dari sisi valuasi harga maupun besaran persentase saham yang akan ditempatkan Cathay. Direktur Utama Bank Mayapada Internasional Hariyono Tjahjarijadi mengatakan, ada peluang Cathay bakal memperbesar porsi kepemilikan saham MAYA di atas 40%, pasalnya saat ini Cathay sudah menjadi pemegang saham pengendali sejak 2016 karena sudah menggenggam kepemilikan saham di atas 25%.

“Cathay berminat memperbesar porsi saham Bank Mayapada, dalam prosesnya sudah uji tuntas sudah masuk tahap final. Belum ada pembicaraan konkit mengenai posisi mengenai jumlah saham dan sebagainya,” kata Hariyono, dalam jumpa pers di Mayapada Tower I, Jakarta, Kamis (16/7).

Cathay Financial Holding akan memperbesar porsi kepemilikannya melalui anak usahanya, yakni Cathay Life Insurance Co Ltd. Nantinya, Cathay akan masuk melalui aksi korporasi yang dilakukan Bank Mayapada yakni penerbitan saham baru atau rights issue melalui Penawaran Umum Terbatas ke-XIII. (Ade)

Sumber: CNBCIndonesia

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini