spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Bank Mayapada Tunjuk Miranda Goeltom Jadi Komisaris

KNews – Bank Mayapada tunjuk Miranda Goeltom jadi komisaris. PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk (Bank Mayapada) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa pada hari ini (29/06).

Dalam rapat tersebut, para stakeholder membahas beberapa agenda penting, diantaranya adalah pengelolaan laba hingga perubahan jajaran Direksi serta Komisaris.

- Advertisement -

Salah satunya adalah mengangkat Miranda S. Goeltom sebagai Wakil Komisaris Utama Perseroan. Miranda sendiri merupakan Mantan Deputi Senior Bank Indonesia pada tahun 2009.

Hingga saat ini, ia juga aktif mengajar sebagai guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Selain pengangkatan Miranda, perseroan juga memberhentikan Jusak Pranoto selaku Direktur Perseroan.

- Advertisement -

Pemberhentian dan pengangkatan masa berlaku efektif sejak ditutupnya rapat ini, dengan jangka waktu mengikuti masa jabatan Anggota Direksi lainnya.

Lebih jauh, Bank Mayapada juga memutuskan untuk menggunakan laba bersih di 2021 sebesar Rp44,13 miliar untuk dua hal.

- Advertisement -

Pertama, Bank Mayapada akan mencadangkan sebesar 2,27% dari laba bersih tahun 2021 atau sebesar Rp1 miliar guna memenuhi ketentuan Pasal 39 Anggaran Dasar Perseroan juncto Pasal 70 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) untuk melakukan cadangan dari laba bersih setiap tahun, sampai cadangan mencapai 20% dari total Modal Disetor.

Kedua, sisa dari laba bersih yang ada sebesar Rp43,13 miliar akan dicatatkan sebagai laba yang ditahan. Para stakeholder setuju untuk memperkuat struktur permodalan Perseroan dengan ini.

RUPST menyetujui Laporan Realisasi Penggunaan Dana Penawaran Umum Terbatas XIII Bank Mayapada Tahun 2021 yang setelah dikurangi biaya-biaya menjadi sebesar Rp1.99 triliun.

Dana ini telah direalisasikan seluruh penggunaannya pada triwulan IV Tahun 2021 untuk ekspansi usaha melalui penyaluran kredit.

Sebagai informasi, berikut adalah susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang baru adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris
1. Komisaris Utama : Dato’ Sri Prof. DR. Tahir, MBA
2. Wakil Komisaris Utama : Prof. DR. Miranda S. Goeltom, S.E., MBA *)
3. Komisaris : Ir. Hendra
4. Komisaris Independen : Ir. Kumhal Djamil, SE

Direksi
1. Direktur Utama : Hariyono Tjahjarijadi
2. Wakil Direktur Utama : Thomas Arifin
3. Direktur : Andreas Wiryanto
4. Direktur : Rudy Mulyono
5. Direktur : Harry Sasongko Tirtotjondro

Adapun sesuai POJK No. 27/POJK.03/2016 dan SEOJK No. 39/SEOJK.O3/2016, maka pengangkatan Prof. DR. Miranda S. Goeltom, S.E., MBA sebagai Wakil Komisaris Utama Perseroan berlaku efektif setelah mengikuti Penilaian Kemampuan dan Kepatutan dan memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (RKZ/ibn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini