spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img

Bank Mandiri Memenuhi Aspek Kematangan Digital lewat Livin’by Mandiri

KNews.id- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengawal transformasi  digital yang dilakukan perbankan sekaligus mengarahkan  dan memfasilitasi percepatan transformasi tersebut.

Kondisi digitalisasi  dan pencapaian transformasi digital perbankan akan diukur  dengan menggunakan metode penilaian Digital Maturity Assessment for  Bank (DMAB). Metode ini akan mengevaluasi tingkat kematangan  digital perbankan dalam enam dimensi yakni data,  teknologi, manajemen risiko, kolaborasi, tatanan institusi,  dan customer.

- Advertisement -

PT Bank Mandiri Tbk salah satu bank tradisional besar yang sedang melakukan transformasi digital. Bank pelat merah ini mengaku sudah benar-benar mempersiapkan diri untuk memenuhi aspek penilaian DMAB tersebut.

“Terbukti dengan launching New Livin’ by Mandiri yang kami posisikan sebagai Financial Super App pada 2 Oktober lalu. Inovasi financial SuperApp ini merupakan implementasi dari keenam elemen di atas,” kata Timothy Utama Direktur Teknologi Bank Mandiri pada Kontan, Rabu (3/11).

Dalam Digital Maturity Model, Bank Mandiri menitikberatkan pada pemanfaatan data, agile culture dan juga customer experience. Timothy bilang, dapat berkompetisi, perbankan perlu menerapkan budaya yang tangkas sehingga inovasi layanan yang dilakukan dapat mencapai market secara cepat. Inovasi itu pada akhirnya harus dapat memenuhi kebutuhan dan memberi nilai tambah untuk Nasabah.

Dia menambahkan, Bank Mandiri telah memiliki roadmap digitalisasi layanan perbankan  yang mencakup keseluruhan proses, produk dan layanan dengan memperhatikan prinsip-prinsip kehati-hatian melalui penerapan manajemen risiko dan kepatuhan.

- Advertisement -

Selain itu dengan landscape digital yang semakin kompetitif, Bank Mandiri menilai diperlukan juga kesiapan SDM dan penerapan budaya kerja yang tangkas yang dibangun secara holistik. “Bank Mandiri juga terus memperkuat talent digital,” ujar Timothy.

Dalam roadmap transformasi digital yang disusun Bank Mandiri, perseroan memanfaatkan tiga faktor utama yang akan jadi keunggulannya yakni manajemen data yang kuat, kesiapan infrastruktur digital, dan ekosistem keuangan yang luas.

Adapun peta jalan digital banking Bank Mandiri mencakup lima aspek. Pertama, Data Driven Decision Making. Bank Mandiri akan mengimplementasikan data analytics guna mendukung pengambilan keputusan bisnis yang lebih akurat dan berkesinambungan serta menghasilkan sustainable revenue.

Kedua, memperkuat fondasi infrastruktur transaksi digital maupun penyempurnaan proses bisnis untuk mendukung perkembangan transaksi Digital. Ketiga, mengembangkan produk-produk yang bersifat digital-native agar bisa menyajikan layanan perbankan digital secara end to end.

Keempat, modernisasi channel digital untuk memberikan customer experience terbaik yang dapat mendukung life style experience nasabah. Kelima, memperluas ekosistem digital.

“Peluasan ekosistem ini merupakan  implementasi open banking Bank Mandiri melalui API Portal sebagai marketplace untuk memperluas akses dan ekosistem digital bagi nasabah,” pungkas Timothy. (Ade/kntn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini