KNews.id – Jayapura, 27 November 2025 – Bank Mandiri membuka gelaran Livin’ Fest Jayapura 2025 yang dirancang sebagai expo kolaboratif untuk memperkuat peran UMKM, pelaku industri kreatif, serta layanan finansial dalam satu ekosistem terpadu. Mengusung tema “Sinergi Majukan Negeri”, festival ini diharapkan menjadi ruang interaksi produktif bagi masyarakat Papua untuk memperluas peluang usaha dan mengakses beragam solusi finansial yang relevan.
Rangkaian Livin’ Fest 25 Jayapura menghubungkan berbagai sektor melalui hiburan nasional, gaya hidup, otomotif, sportainment, hingga pariwisata. Seluruh aktivitas tersebut terintegrasi dengan berbagai solusi finansial Bank Mandiri seperti Mandiri KPR, Mandiri Auto, pembiayaan UMKM, hingga transaksi digital melalui Livin’ by Mandiri.
“Kami ingin memastikan kehadiran Livin’ Fest memberikan nilai tambah yang nyata bagi masyarakat Papua. Mulai dari akses produk finansial hingga peluang bisnis yang lebih luas bagi UMKM dan pelaku kreatif lokal untuk mendorong ekonomi berbasis kerakyatan,” ujar Regional CEO Bank Mandiri Region XII Papua Antonius Budi Setiawan di Jayapura, Kamis (27/11).
Antonius menjelaskan, Livin’ Fest 2025 Jayapura berlangsung pada 27-30 November 2025 di GOR Cenderawasih Jayapura. Sebanyak 99 tenant meramaikan expo ini, meliputi kuliner, fesyen, kecantikan, dan gaya hidup. Zona UMKM binaan Bank Mandiri juga menampilkan produk unggulan Papua, sementara Government Hub dihadirkan untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan publik seperti paspor, SIM, perpajakan, dan administrasi lainnya.
Festival ini turut diperkuat oleh kolaborasi bersama Jakarta Coffee Week dalam memperkenalkan ragam cita rasa kopi ke Jayapura. Selain itu, Bank Mandiri menghadirkan berbagai promo seperti Mandiri KPR dan Mandiri Auto “HUT Mandiri Semua Hepi” dengan cashback hingga Rp2,7 juta, serta kesempatan memenangkan perjalanan ke Jepang melalui pembukaan Tabungan Multicurrency.
Sebanyak 16 pengembang properti dan 13 dealer otomotif seperti Honda, Hyundai, Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Chery, Isuzu, Suzuki, dan Kawasaki juga hadir dengan fasilitas test drive kendaraan roda empat dan roda dua. Seluruh program terhubung langsung dengan Livin’ by Mandiri, aplikasi digital lifestyle andalan bank berlogo pita emas ini. Hingga September 2025, Livin’ by Mandiri telah digunakan 35,1 juta pengguna, tumbuh 27% secara tahunan, dengan frekuensi transaksi naik 25% dan nilai transaksi mencapai Rp3.220 triliun.
Selain expo dan layanan finansial, Livin’ Fest Jayapura menghadirkan hiburan bagi masyarakat Papua melalui konser Shine of Black, Anadok, serta Silet Open Up. Tersedia pula Fun Run 2,75K dan 5K, serta kompetisi seperti dance competition, lomba mewarnai, fashion show, hingga kompetisi rapper bagi talenta muda.
“Livin’ Fest kami desain sebagai panggung kolaborasi yang menggabungkan potensi UMKM dan kreativitas lokal dengan kekuatan solusi digital Bank Mandiri. Sinergi ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Papua sekaligus memperluas pemanfaatan layanan finansial modern di masyarakat,” tutup Antonius.
Informasi lengkap mengenai Livin’ Fest 2025 dapat diakses melalui bmri.id/livinfest.
(FHD/BMRI)



