spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Bank Mandiri Fokuskan Genjot Sektor Produksi

KNews.id- Penyaluran kredit perbankan tak bertenaga. Bank Mandiri mencatat hanya mampu menyalurkan kredit bersubsidi kepada debitur sebesar 39,7% dari total target tahun ini, atau senilai Rp7,03 triliun kepada 84.500 debitur sepanjang periode Januari-Juni 2020.

Dari total nilai penyaluran tersebut, sebanyak 61,23% atau Rp4,31 triliun disalurkan ke sektor produksi yang meliputi subsektor pertanian, perikanan, industri pengolahan, pertambangan, jasa produksi dan pariwisata

- Advertisement -

Meski demikian, Corporate Secretary Bank Mandiri, Rully Setiawan mengatakan, penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) ke sektor produksi akan terus ditingkatkan mengingat sektor ini menjadi tumpuan hidup sebagian besar masyarakat Indonesia, sekaligus menjadi roda penggerak perekonomian nasional

“Meski dibayangi pandemi Covid-19, kami tetap berupaya untuk dapat menyalurkan KUR dengan cepat dan tepat sasaran, apalagi beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai menerapkan pelonggaran kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam fase adaptasi menuju New Normal,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (24/7).

- Advertisement -

Dia memperkirakan, pelonggaran ini akan mulai meningkatkan aktivitas para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta usaha produktif lainnya sehingga mereka akan membutuhkan fasilitas permodalan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. 

Selain itu, pihaknya akan memperluas skema-skema produk pembiayaan di sektor produksi untuk komoditas tertentu di sektor pertanian yang menyesuaikan dengan kebutuhan masa tanam di mana pokok dan bunga dibayarkan pada saat panen.

- Advertisement -

“Kami juga akan memanfaatkan basis nasabah kami, terutama nasabah di segmen wholesale Bank Mandiri yang bergerak di sektor-sektor produktif seperti pertanian, perikanan, dan industri pengolahan dalam hal off taker dan rekomendasi penyaluran KUR kepada value chain mereka,” ujarnya.

Dia menuturkan, pihaknya juga berancang-ancang untuk mengoptimalkan kolaborasi yang sudah terjalin dengan platform digital seperti e-commerce dan pelaku usaha teknologi finansial (tekfin) berskema peer to peer (P2P) dalam menyalurkan KUR secara digital.

Saat ini, Bank Mandiri telah mengantongi kesepakatan kerjasama penyaluran digital lending dari tiga marketplace besar, yaitu, Shoppee, Tokopedia dan Bukalapak, serta beberapa tekfin seperti Amartha, Crowde, Investree, Akseleran dan Koinworks.

“Kami optimistis, berbagai strategi dan inisiatif yang kami kembangkan ini akan mengakselerasi penyaluran KUR Bank Mandiri,” ucapnya. (FHD)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini