spot_img
Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Bank-bank BUMN Dapat Likuditas Tambahan Rp114 Triliun

KNews.id – Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari mengatakan Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara) akan mendapat tambahan likuiditas sebesar Rp114 triliun dari Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) Bank Indonesia (BI) yang ditingkatkan menjadi 4 persen.

Angka tersebut bisa dicapai jika perbankan dapat memenuhi target dari yang ditentukan oleh BI dalam kebijakan ini.

- Advertisement -

“Kalau nanti menjdi 4 persen kita mencapai target menujuj 4 persen itu, maka itung-itungan Himbara itu akan dapat tambahan likuiditas Rp114 triliun,” ujar Supari, di Hotel Kempinksi Jakarta, Rabu 13 September 2023.

Sebelumnya, Himbara telah mendapatkan likuiditas sebesar Rp104 triliun dari kebijakan KLM yang lalu. Artinya Himbara akan mendapat tambahan sebanyak Rp10 triliun.

- Advertisement -

Sementara itu, dari angka total tersebut PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan mendapat likuiditas sebesar Rp44 triliun.

“BRI dapat Rp44 triliun. Itu kan ruang bank untuk melakukan pembiayaan yang lebih luas lagi, tambah kapastias,” pungkasnya.

- Advertisement -

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) memperkuat stimulus kebijakan makroprudensial untuk mendorong pertumbuhan kredit atau pembiayaan perbankan melalui implementasi Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) bagi Bank Umum Konvensional (BUK) dan Bank Umum Syariah (BUS)/Unit Usaha Syariah (UUS) yang akan berlaku sejak 1 Oktober 2023. (Zs/IN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini