spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

‘Balas Dendam’ Putin Sukses Bikin Investor Barat Kocar-kacir

KNews.id-Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan berhasil ‘balas dendam’ dan membuat investor dari negara barat kocar kacir kebingungan.

Hal ini bermula saat Putin menerbitkan kebijakan yang melarang investor dari negara barat dan sekutunya untuk menjual saham di proyek energi dan perbankan hingga akhir tahun.

- Advertisement -

Melansir Alarabiya News, Itu merupakan balasan dari negara barat dan sekutunya termasuk Jepang, yang telah memberlakukan pembatasan keuangan pada Rusia sejak mengirim pasukan ke Ukraina pada akhir Februari.

Sehingga Putin menghambat bisnis negara barat dan sekutu untuk meninggalkan Rusia dan bahkan menyita aset mereka.

- Advertisement -

Keputusan itu ditandatangani oleh Putin dan diterbitkan pada hari Jumat (2/9/2022), dimana segera melarang investor dari negara yang mendukung sanksi terhadap rusia untuk menjual aset mereka dalam perjanjian bagi hasil (PSA), bank, perusahaan energi seperti minyak, gas, batu bara hingga nikel.

Dalam arti larangan itu mencakup semua proyek keuangan dan energi besar dimana, masih banyak investor asing yang memiliki saham. Termasuk proyek minyak dan gas Sakhalin – 1 dan 2.

- Advertisement -

Kamis lalu, Perusahaan Rosneft asal Rusia menyalahkan ExxonMobil karena penurunan produksi di kelompok ladang Sakhalin-1. Setelah perusahaan energi asal AS itu mengatakan sedang melakukan proses transfer 30% sahamnya ke pihak lain.

Sementara Investor asing di proyek gas alam cair (LNG) Sakhalin – 2 – Royal Dutch Shell dikabarkan tengah mencari opsi untuk menarik diri dari proyek.

UniCredit dan Intesa Italia, Grup AS Citi dan Raiffeisen Austria terus mencari opsi untuk keluar dari Rusia, sementara yang lain seperti Societe Generale dan HSB telah menemukan jalan keluar. (Ach/Cnbcind)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini