spot_img
Jumat, April 12, 2024
spot_img

Bakal Ada Proyek MRT, Harga Rumah di Balaraja Auto Melonjak?

KNews.id- Pemerintah bakal membangun MRT fase 3 yang membentang dari Balaraja-Cikarang. Dengan proyek ini, lokasi di sekitar stasiun Balaraja akan sangat strategis.
Rencananya, proses pembangunan proyek ini akan dimulai tahun 2024 dan ditargetkan rampung tahun 2032.

Meski kabar pembangunan proyek MRT Cikarang-Balaraja ini sudah mulai digembar-gemborkan, ternyata tak langsung mendongkrak harga properti di wilayah ini. Nyatanya, masih ada rumah yang dijual sekitar Rp100-an juta.

- Advertisement -

Pantauan CNBC Indonesia di situs jual beli properti, harga rumah yang ada di kisaran harga tersebut masuk ke dalam segmen rumah subsidi.

Salah satunya adalah rumah di perumahan Jl Cisoka Megu, Balaraja, Tangerang, Banten yang dibanderol Rp 168 juta.

- Advertisement -

Luas tanahnya 60 m2 dengan luas bangunan 36 m2 serta didukung listrik 1300 watt. Penjual mengklaim lokasinya strategis dekat kemana-mana, yakni 20 menit ke Stasiun Tigaraksa dan 20 menit ke pintu tol Balaraja Barat & Terminal Balaraja.

Dengan harga yang sama, ada juga rumah di wilayah Balaraja lainnya yakni di Jl. Raya Serang, Balaraja, Tangerang, Banten.

- Advertisement -

Lokasi dekat dengan pintu tol Balaraja Barat dan Balaraja Timur, hanya 200 meter dari jalan raya Serang.

“Rencana Tata Ruang Pemerintah: Tol Serpong – Balaraja, Tol Balaraja – Bandara Soekarno Hatta, serta MRT Balaraja – Cikarang,” tulis penjual dikutip dari Rumah.com, Senin (15/5/2023).

Tipe rumahnya 26/60 (6×10) m dengan 2 Kamar tidur dan 1 kamar mandi. Berstatus rumah subsidi, cicilan KPR bisa selama 15 tahun dengan cicilan Rp 1.262.107/bulan atau skema pembayaran 20 tahun dengan Rp 1.053.289/bulan.

Update MRT

Di sisi lain, pihak MRT mengonfirmasi, masih perlu waktu lama sebelum bisa menikmati MRT Cikarang-Balaraja.

Di mana sebelumnya, proyek ini disebut-sebut bakal dibangun mulai tahun 2024. Namun, ternyata PT MRT Jakarta menyatakan, pengerjaan di tahun 2024 masih merupakan tahap awal. Belum berarti pembangunan secara fisik.

“Proyek MRT Jakarta Fase 3 atau East-West Line dan Fase 4 ditarget mulai groundbreaking pada tahun 2024. Bentuknya bisa berarti penandatanganan persetujuan pendanaan pinjaman, jadi bukan berarti “peletakan batu pertama”,” kata Dirketur Utama MRT Jakarta Tuhiyat kepada CNBC Indonesia, Senin (15/5/2023).

“Target selesai pada 2032,” kata Tuhiyat. (RZ/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini