spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Bahasa Tubuh Jokowi Dikomentari Anwar Abbas saat Pidato Acara MUI

KNews – Bahasa tubuh Jokowi dikomentari Anwar Abbas saat pidato acara MUI. Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyoroti bahasa tubuh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya di pembukaan acara Kongres Ekonomi Umat MUI, Jumat (10/12).

Anwar mencermati hal itu karena telah melontarkan kritik keras sebelum Jokowi berpidato. Dia bahkan mengakui diingatkan oleh teman-temannya agar tidak berbicara terlalu keras.

- Advertisement -

“Saya tadi oleh teman-teman saya [terkait kritik] kepada Pak Presiden telah diingatkan supaya saya dalam memberikan sambutan agar jangan bicaranya terlalu keras. Mereka menyampaikan itu kepada saya sambil tertawa,” kata Anwar dalam keterangan resminya, Senin (13/12).

“Lalu saya tanya kenapa? Mereka tidak menjawab dan hanya tersenyum saja,” lanjut dia.

- Advertisement -

Melihat imbauan yang diberikan rekan-rekannya itu, Anwar Abbas meminta agar tak takut untuk mengkritik pemerintah. Sebab, Jokowi maupun Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang turut hadir dalam acara itu sudah kebal terhadap kritik dari masyarakat.

Ia menilai sosok Jokowi terbuka terhadap pelbagai perbedaan pendapat selama ini. Anwar pun bercerita sangat sering menyampaikan kritik dan pandangan kepada Jokowi baik ketika dalam pertemuan di istana maupun ketika beliau datang ke kantor PP Muhammadiyah.

- Advertisement -

“Bahkan dalam salah satu pertemuan di Istana yang mengejutkan saya bapak Mensesneg mendekati saya dan bilang, Pak Abbas apa yang bapak sampaikan tadi telah dicatat oleh bapak (presiden) kata beliau. Itu menandakan pak Jokowi bisa menerima kritik dan pandangan saya,” kata Anwar, yang juga menjabat salah satu Ketua PP Muhammadiyah itu.

Lebih lanjut, Anwar berharap agar publik jangan sampai mengira dirinya memusuhi Jokowi. Di samping sering menyampaikan kritik, Anwar mengaku kerap bercanda dengan Jokowi. Bahkan ketika saya menyambut beliau di acara MUI itu, Ia sempat bertanya keadaan kesehatan kepada Presiden Jokowi.

‘Sehat Pak Presiden’, kata saya sambil tersenyum. ‘Alhamdulillah’, kata beliau. ‘Tapi kok pak presiden kelihatan kurus’, kata saya menggoda, ‘Memang segini-gininya dari dahulu’, kata beliau sambil tertawa,” kisah Anwar, menirukan dialognya dengan Jokowi.

Melihat bahasa tubuh Presiden saat berpidato pun, Anwar menilai Jokowi tak marah atas kritik-kritiknya.

“Malah terkesan oleh saya beliau benar-benar berterima kasih kepada saya karena beliau mendapatkan momentum yang baik untuk menjelaskan duduk persoalan yang ada tentang kritik-kritik yang saya sampaikan,” terangnya.

Sebelumnya, Anwar sempat melempar kritik tentang penguasaan lahan di Tanah Air di acara MUI tersebut. Merespons pernyataan Anwar itu, Jokowi mengaku tak membagikan lahan tersebut. (RKZ/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini