spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Bagaimana Hukumnya Berpuasa Ramadhan, tapi Tidak Shalat Lima Waktu?

 

KNews.id – Shalat lima waktu adalah kewajiban bagi setiap Muslim setiap hari. Sedangkan puasa Ramadhan adalah kewajiban berpuasa khusus pada bulan Ramadhan.

- Advertisement -

Hal itu sebagaimana disampaikan dalam firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 183, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan bagimu ibadah puasa, sebagaimana diwajibkan bagi orang-orang sebelum kalian, agar kalian menjadi orang-orang yang bertaqwa.”

- Advertisement -

Lantas, bagaimana hukumnya seseorang yang berpuasa, tetapi meninggalkan shalat lima waktu?

Terkait hal itu, Rais Syuriyah PBNU, KH M Cholil Nafis menjelaskan, hukum puasanya tetap sah, karena syarat sahnya puasa tidak berkaitan dengan pelaksanaan shalat lima waktu.

- Advertisement -

“Puasanya tetep sah, karena sahnya puasa tidak terkait dengan shalat.

Hanya saja perlu dievaluasi, apakah puasanya ini punya pengaruh atau tidak dengan ketaatannya (kepada Allah SWT),” jelasnya dalam program Edukasi Syariah Bimas Islam.

KH Cholil Nafis melanjutkan, shalat merupakan tiang agama dan puasa adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Puasa, lanjutnya, mengajarkan manusia untuk mengendalikan diri agar mampu menjauhi segala yang dilarang oleh Allah SWT dan menjalankan segala yang diperintahkan-Nya.

Karenanya, puasa seharusnya dapat memperkuat keimanan kepada Allah SWT, bukan menjadi alasan untuk melonggarkan ibadah wajib lainnya, terutama salat fardu.
Terakhir, KH Cholil Nafis berpesan agar kedua ibadah wajib tersebut dijalankan dengan maksimal. “Baiknya berpuasa dan rajin shalat,” pungkasnya.

(Zs/Trbn)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini