spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Awas Omicron! Inilah Gejala yang Muncul Saat Bangun Tidur dan BAB

KNews – Awas Omicron! inilah gejala yang muncul saat bangun tidur dan BAB. Sejak varian omicron menyerang akhir tahun lalu, spekulasi soal gejala yang diderita pasien terus berkembang.

Salah satunya laporan pasien yang merasakan gejala saat bangun tidur dan buang air besar (BAB).

- Advertisement -

Varian omicron memang disebutkan tidak memicu gejala yang sama seperti varian sebelumnya. Beberapa pasien omicron di Inggris melaporkan menderita diare parah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat (AS) mengatakan tanda pasien terpapar omicron adalah munculnya gejala diare.

- Advertisement -

“Orang dengan sistem kekebalan yang lemah adalah yang paling mungkin mengalami diare dan gejala gastrointestinal lainnya,” tulis NBC Chicago dalam laporannnya.

Hal serupa juga terlihat dalam laporan John Hopkins Medicine. Disebutkan diare menjadi gejala awal pada 20% pasien Covid-19 omicron.

- Advertisement -

Sebagai catatan, diare bukan satu-satunya gejala yang dialami pasien omicron. Umumnya mereka juga mengalami kelelahan, masalah pernapasan, nyeri otot dan sakit kepala atau sakit tenggorokan.

Ada juga laporan infeksi Covid-19 terjadi saat bangun tidur. Menurut dr. Robert ‘Bob’ Wachter dari San Fransisco AS, anaknya terinfeksi omicron dengan gejala mirip flu saat bangun tidur.

Dia menuturkan gejalanya mulai dari sakit tenggorokan, batuk kering, nyeri otot dan kedinginan.

Gejala lain yang kurang umum dikeluhkan pasien adalah kembung sebanyak 14% dan sendawa pada 10% pasien. Muntah juga masuk dalam laporan sebanyak 9% pasien dan sakit perut 7% dari mereka yang keluar rumah sakit.

Sedangkan gejala yang banyak dikeluhkan pasien adalah suara serak, menggigil, pusing, kehilangan nafsu makan, hingga mual dan asam lambung.

Banyak yang mengatakan gejala Covid-19 omicron terbilang ringan. Namun angka penularan yang tinggi juga membuat para ahli menjadi khawatir. (RKZ/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini