spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Awal Tahun, Permintaan Pembiayaan Korporasi Melambat Jadi 13,1%

KNews – Awal tahun, permintaan pembiayaan korporasi melambat jadi 13,1%. Survei Permintaan dan Penawaran Bank Indonesia (BI) menunjukkan permintaan pembiayaan korporasi pada Januari 2022 yang cenderung melambat dibandingkan bulan sebelumnya.

Hal tersebut tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 13,1% lebih rendah dari SBT Desember 2021 sebesar 17,4%.

- Advertisement -

“Perlambatan permintaan terutama untuk pembiayaan yang bersumber dari dana sendiri dan pembiayaan dari pinjaman atau kredit baru perbankan dalam negeri.

Sementara itu, permintaan yang bersumber dari pinjaman/utang dari perusahaan induk terindikasi meningkat,” terang Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono pada keterangan resminya, 17 Februari 2022.

- Advertisement -

Adapun kebutuhan pembiayaan baru oleh rumah tangga terpantau masih terbatas pada Januari 2022.

Mayoritas rumah tangga memilih Bank Umum sebagai sumber utama penambahan pembiayaan, dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa Kredit Multi Guna.

- Advertisement -

Sementara itu, untuk keseluruhan periode triwulan I 2022, penyaluran kredit baru diprakirakan tumbuh melambat dibandingkan triwulan sebelumnya. (RKZ/ibn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini