spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Aturan Baru OJK: Debt Collector Tidak Boleh Datang ke Rumah Nasabah Pinjol

KNews.id – Terkait aturan terbaru dari OJK 2024. Peraturan ini masih fresh per Januari 2024. Aturan baru tersebut adalah Surat Edaran OJK (SEOJK) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan LPBBTI.

Berikut ulasannya seperti melansir dari kanal YouTube Galbay Mania berjudul “Sah!! OJK Resmi Umumkan Debt Collector Gak Boleh Datang ke Rumah, 6 Peraturan Baru OJK Januari 2024”, Selasa, 26 Maret 2024.

- Advertisement -

1. Penurunan suku bunga

Penurunan suku bunga dan biaya lain. Pada tahun 2023 jumlah bunga pinjaman harian maksimum 0,4%. Namun dalam peraturan baru ini langsung turun drop ke 0,1% sampai 0,3% bunga maksimal.

- Advertisement -

Berarti ada penurunan bunga dan biaya lain ini yang berlaku untuk pinjaman online legal. Seperti Akulaku, Kredivo, ShopeePay dan lain-lain. Ini tentunya sangat menguntungkan kostumer.

2. Denda keterlambatan turun

- Advertisement -

Tahun 2023 denda keterlambatan pinjaman adalah 0,1% per hari. Tetapi pada peraturan OJK terbaru ini diturunkan menjadi 0,06%.

Baca Juga  Penerapan Ekosistem Logistik Nasional Akan Perkuat Ekonomi Indonesia

Untuk nasabah yang sudah galbay atau tidak bayar karena tak punya uang denda keterlambatannya turun lagi per hari.

3. Tidak boleh pinjam lebih dari 3 aplikasi pinjol

Nasabah tidak boleh pinjam lebih dari tiga platform pinjaman online. Misalkan, Anda sudah pinjam di Akulaku, Kredivo, Easy Cash lalu mau daftar di ShopeePay tidak akan bisa.

Pasalnya, dalam aturan OJK terbaru ini setiap orang punya batas maksimal tiga pinjaman online. Sedangkan, untuk pinjaman online di aplikasi keempat dan kelima tidak diperbolehkan. Maka garap diperhatikan baik-baik, jika Anda sudah ada pinjaman di tiga aplikasi pinjol maka pinjaman keempat tidak akan bisa ACC.

4. Penagihan debt collector maksimal 8 jam

Penagihan hanya sampai pukul 08.00-20.00 Wib. Penagihan ini berbentuk umpamanya telepon atau debt collector datang ke rumah maksimal hanya sampai jam 8.00 malam.

Baca Juga  Terbongkar! Aplikasi Pinjol Ilegal Ini Bisa Menguras Rekening, Hati-hati Galbay Pinjaman Online Jika Anda merasa ditelepon, diteror, atau mungkin didatangi debt collector hanya maksimal sampai jam 8 malam. Kalau lebih dari itu Anda bisa laporkan ke RT atau laporkan ke OJK karena sudah menyalahi aturan.

5. Memperketat aturan penagihan

OJK juga mnemperketat aturan penagihan. Aturan penagihan ini berhubungan dengan yang suka gagal bayar yang ada debt collector. Aturannya lebih terstruktur bahwa tidak boleh ada intimidasi, tidak boleh ada ancaman, tidak boleh ada hal-hal negatif termasuk SARA dalam penagihan.

Jika ada intimidasi dari pihak debt collector atau ancaman Anda bisa laporkan langsung ke pihak OJK. Nanti OJK akan menindaklanjuti dengan memberi sanksi kepada pinjaman online yang telah mengirimkan debt collector ke rumah nasabah.

6. Kontak darurat bukan untuk menagih

Sering kali kontak darurat ditagih oleh debt collector padahal mereka tidak tahu apa-apa. Oleh karena itu, jika pinjaman online menagih kontak darurat berarti sudah menyalahi aturan OJK.

Jangan Takut, Begini Cara Menghadapinya agar DC Pinjol Kabur. Jika saat ini ada kontak darurat Anda ditelepon terus diteror, terus menagih itu salah. Karena kontak darurat adalah untuk menanyakan penghutangnya ada di mana, posisinya. Bukan untuk menagih.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini