spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Atasi Pandemi COVID-19, Begini Peran BIN

KNews – Atasi pandemi COVID-19, begini peran BIN. Badan Intelejen Negara (BIN) terus berupaya untuk berkontribusi dalam mensukseskan vaksinasi nasional.

Dengan kerja sama, jumlah vaksinasi saat ini sudah menembus angka lebih dari 280 juta dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

- Advertisement -

Mayjen TNI Agoes Joesni, Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri BIN mengungkapkan, peran BIN dalam penanggulangan pandemi sudah dimulai sejak awal 2020 di Wuhan. Langkah pencegahan ini dilakukan agar Covid-19 tidak menyebar dengan cepat.

“Jauh sebelum Covid-19 di awal 2020 masuk ke Indonesia, BIN sudah mengamati fenomena ini sejak kasus di Wuhan. Sebagai lembaga yang diamanatkan oleh undang-undang punya peran pencegahan dan deteksi dini terhadap berbagai ancaman, BIN sudah melakukan pencegahan. Salah satunya, penggunaan masker yang dilontarkan oleh BIN yang disampaikan pada Pemerintah,” ujar Agoes pada keterangannya, 1 Februari 2022.

- Advertisement -

Selain langkah pencegahan, BIN juga melakukan program vaksinasi sebagai perintah Presiden yang diselenggarakan BIN di seluruh Indonesia.

Beberapa langkah yang dilakukan mulai dari pemetaan di lapangan, membuat aplikasi untuk mendeteksi kedisiplinan menggunakan masker, melakukan sosialisasi, serta bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dalam pembuatan sertifikat vaksinasi.

- Advertisement -

Deputi Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya mengungkapkan pihaknya sudah memiliki tim penanganan Covid-19. Tim ini bertugas menyediakan vaksin di seluruh Indonesia.

“Dengan vaksinasi akan ada pergerakan masyarakat, maka ekonomi bisa pulih. Tercapainya program vaksinasi akan menjadi tolok ukur untuk memulihkan ekonomi nasional,” ucap Made. (RKZ/ibn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini