spot_img
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Astaga, Menkes Memberi Peringatan Mengejutkan, Warga Diimbau Waspada!

KNews.id- Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin buka suara terkait penyebaran tiga varian baru Covid-19 yaitu Lambda, jenis Mu, dan C.1.2. Budi menyatakan pihaknya saat ini masih terus mengamati dan mewaspadai penyebaran tiga varian baru Covid-19 tersebut.

“Kami mengamati ada tiga varian baru yang kita amati dari dekat. Pertama ada Lambda, kedua Mu, dan ketiga Varian C.1.2,” ujar Budi dalam keterangannya pada rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Senin (13/9).

- Advertisement -

Dia menerangkan pihaknya saat ini terus melakukan upaya agar virus tidak menulari masyarakat Indonesia, seperti memperketat penjagaan di pintu masuk internasional, mulai dari bandara, laut, dan darat.

“Penting bagi kami untuk menjaga border perbatasan kita, pintu-pintu masuk internasional, memperketat yang namanya entry dan exit test, termasuk mendisiplinkan proses karantin,” tegasnya.

- Advertisement -

Lebih lanjut, eks Wakil Menteri BUMN itu mengakui Kemenkes juga sedang meneliti pola penyebaran varian baru Covid-19 ini. Jenis Lambda dan Mu dikategorikan varian of interest yang berasal dari Amerika Selatan. Selain itu, menurut beberapa jurnal, Lambda dan Mu memiliki kemampuan menghindari sistem kekebalan tubuh manusia.

“Jadi, efektivitas dari vaksin yang diberikan akan menurun terhadap dua varian ini,” jelas dia.

- Advertisement -

Sedangkan, jenis C.1.2 ditemukan di Afrika Selatan.

Varian ini masuk kategori mengerikan, karena kebal vaksin Covid-19 dan cepat bermutasi.

“Kenapa ilmuan sangat khawatir terhadap varian ini? Sebab, varian ini mutasinya banyak sekali. Sama seperti yang lainya, bisa menghindari sistem kerja imunitas kita yang sudah terbentuk berdasarkan varian-varian sebelumnya,” tuturnya. (AHM/gnpi)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini