spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Askrindo Telah Beri Penjaminan ke 6.607 Debitur Program Kredit Modal Kerja PEN

KNews.id- PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo mencatat penjaminan Kredit Modal Kerja (KMK) untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sudah mencapai Rp 3,7 triliun hingga per 28 September 2020. Adapun dari realisasi tersebut total debitur KMK PEN mencapai 6.607.

Direktur Utama Askrindo Dedi Sunardi mengatakan, sejak diluncurkannya program penjaminan KMK PEN pada Juli 2020 sampai dengan September angkanya terus mengalami kenaikan. Di mana posisi Juli KMK PEN dijamin baru Rp 391 miliar. Pada Agustus meningkat menjadi Rp 1,5 triliun dan sampai 28 September sudah mencapai Rp 1,8 triliun.

- Advertisement -

“Secara total, Askrindo sudah menyalurkan sebanyak Rp 3,7 triliun,” kata Dedi.

Selanjutnya, untuk penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR), dari plafon yang mencapai Rp 397,4 triliun, Askrindo sudah menjamin KUR dengan nilai Rp 279,8 triliun atau sudah terserap 70,4 persen, sampai dengan 28 September 2020.

- Advertisement -

Total penerima jaminan KUR sudah diberikan kepada 20,9 juta debutur dan tenaga kerja yang terserap di sektor KUR ini sudah mencapai 40,8 juta tenaga kerja.

“Ini yang hanya disalurkan oleh Askrinro saja,” jelas Dedi.

- Advertisement -

Kendati begitu, Dedi menyadari gearing ratio akan mengalami kekurangan pada 2021 apabila Askrindoterus menyalurkan.

“Gearing ratio akan mengalami kekurangan pada tahun 2021 apabila kami terus menyalurkan. Namun pada posisi Agustus 2020, gearing ratio kami sudah 13x dari risk appetite yang ingin dicapai 20x sesuai POJK,” ujarnya.

Gearing ratio sendiri merupakan jumlah pinjaman dengan selisih penjumlahan ekuitas dan pinjaman subordinasi dengan penyertaan. Rasio ini bisa meningkat jika perusahaan yang bersangkutan memperoleh pertumbuhan laba. Sebaliknya, gearing ratio bisa menurun karena perlambatan bisnis pembiayaan. (FHD)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini