spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

AS dan RRC Memanas, Indonesia Sebagai Mitra Dagang Harus Bagaimana?

KNews.id- Keadaan konflik yang memanas antara Amerika Serikat (AS) dengan China, akibat dari adanya pembatasanĀ eksporĀ maupun perdagangan diperkirakan dapat memicu terjadinya resesi global.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, melihat bahwa, kedua negara tersebut sebagai pusat perekonomian terbesar di dunia, juga memiliki peran bagi stabilitas ekonomi Indonesia dari sisi eksternal.

- Advertisement -

Dirinya menambahkan, dengan keadaan tersebut Indonesia sebagai mitra dagang kedua negara (Amerika dan China) perlu melakukan mitigasi terutama pada pergerakan dolar AS yang berfluktuasi dan akan terjadinya devaluasi yuan China.

ā€œKemudian juga Tiongkok karena kehilangan pasar di AS akibat berlanjutnya perang dagang maka bisa jadi mereka melakukan devaluasi yuan yang akan membuat barang-barang impor asal Tiongkok lebih murah terutama di pasar indonesia,ā€ ucap Bhima kepada Infobanknews di Jakarta, 13 Juli 2023.

- Advertisement -

Sehingga, Indonesia sebagai negara yang memiliki peluang dari sisi ekspor, perlu berhati-hati terhadap lonjakan bahan baku, barang setengah jadi, hingga barang jadi yang berasal dari China, dimana hal itu dapat memperburuk neraca perdagangan Indonesia dan memperlemah nilai tukar Rupiah.

Bhima juga melihat, jika eskalasi perang antara AS dan China semakin mengalami kontraksi juga dapat memengaruhi ke sektor komoditas ekspor lainnya di Indonesia seperti, CPO, batu bara, dan nikel.

- Advertisement -

ā€œNah ini yang harus diwaspadai sehingga kita harus memperkuat basis pasar domestik juga UMKMnya diperkuat, sehinggaĀ ekonomiĀ Indonesia bisa lebih imun ketika ada gejolak perdagangan dan gangguan rantai pasok,ā€ imbuhnya.

Adapun, ketegangan antara kedua negara tersebut dipicu oleh AS yang melakukan penambahan tarif bagi produk-produk China, memberikan tekanan terhadap perusahaan China, hingga membatasi impor China ke AS.

Sehingga, perlu adanya tindakan AS untuk merespon kekhawatiran China terkait dengan hubungan ekonomi bilateral di tengah tantangan-tantangan global yang terjadi saat ini.Ā  ( FHD/inbnkn

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini