spot_img
Kamis, April 18, 2024
spot_img

Arab Saudi Umumkan Idul Fitri Kemungkinan Besar Jatuh pada 22 April

KNews.id – Para astronom Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mengumumkan bahwa Idul Fitri kemungkinan besar jatuh pada Sabtu (22/4), demikian diwartakan Al Arabiya, Senin (17/4).

Majid Abu Zahra dari Masyarakat Astonomi Jeddah, kepada kantor berita Arab Saudi (SPA), mengatakan bahwa hilal kemungkinan belum bisa terlihat mata telanjang pada Kamis sore (20/4).

- Advertisement -

Tetapi bulan baru akan “dengan sangat mudah terlihat menggunakan mata telanjang” pada Jumat malam (21/4) jika langit bersih.

Sementara itu Pusat Astronomi Internasional Abu Dhabi lewat Twitter telah menegaskan bahwa bulan baru belum akan terlihat di seluruh dunia, kecuali di sebagian Afrika Barat, pada Kamis.

- Advertisement -

Meski demikian kedua lembaga itu mengatakan bahwa masih ada kemungkinan Idul Fitri dirayakan pada Jumat jika ada sejumlah saksi yang bisa melihat bulan baru pada Kamis.

Pemerintah Arab Saudi dan Uni Emirat Arab baru akan menggelar pengamatan atau pemantauan hilal untuk menentukan Idul Fitri 2023 pada Kamis 20 April pekan ini.

- Advertisement -

Di Indonesia pengamatan hilal juga akan digelar pada Kamis 20 April pekan ini oleh pemerintah dengan sejumlah ormas Islam.

BMKG sebelumnya mengatakan kemungkinan besar, hilal baru akan terlihat pada Jumat 21 April. Sementara pakar astronomi BRIN, Thomas Djamaluddin juga mengatakan bahwa mustahil hilal bisa dilihat dari Timur Tengah pada 20 April.

Sementara Muhammadiyah telah menetapkan Idul Fitri jatuh pada Jumat 21 April 2023. (Hfz/MS)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini