spot_img
Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Apakah Air Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan? Begini Kata Pakar Diet

KNews.id – Jakarta – Banyak cara yang yang disebut bisa membantu menurunkan berat badan, termasuk rutin minum air lemon. Air dari perasan jeruk lemon dipercaya sebagai ‘pembakar lemak’ yang mudah sekali dikonsumsi. Menurut ahli diet di Virginia, Caroline Thomason, air lemon secara alami bersifat asam dan menghidrasi.

“Itu yang mungkin membuat seseorang sering pergi ke kamar mandi setelah meminumnya. Jika Anda menimbang berat badan sebelum dan sesudah pergi ke kamar mandi, tentu saja, berat badan Anda mungkin turun,” kata Thomason yang dikutip dari USA Today.

- Advertisement -

Lantas, apakah air lemon bisa membantu menurunkan berat badan?

Thomason mengatakan turunnya berat badan setelah pergi ke kamar mandi bukan secara ajaib terjadi karena air lemon. Ia menegaskan bahwa air lemon tidak bisa menurunkan berat badan.

- Advertisement -

“Sebagai ahli diet, saya tidak begitu yakin dari mana mitos ini berasal, namun tidak ada makanan atau minuman ajaib yang dapat membantu Anda menghilangkan lemak tubuh,” jelas Thomason.

Menurutnya, hal yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah diet dan olahraga. Meski begitu, air lemon masih memberikan manfaat termasuk menyediakan vitamin C dan potasium, serta membantu tubuh tetap terhidrasi.

- Advertisement -

Namun, tidak semua orang aman untuk minum air lemon. Minuman ini bersifat asam seperti lemon dan perlu dibatasi, terutama untuk yang rentan mengalami refluks asam lambung atau GERD. Sebab, minuman ini bisa memicu heartburn.

Selain itu, sebuah penelitian menyebutkan asam sitrat yang ada di dalam lemon bisa mengikis enamel gigi. Ini bisa terjadi jika mengkonsumsi minuman ini dalam jangka panjang.

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, Thomason merekomendasikan untuk memulai dengan perubahan gaya hidup sehari-hari, seperti:-

  • Olahraga: Jalan kaki, latihan kekuatan beberapa kali seminggu, dan meningkatkan kardio hingga 150 menit per minggu.
  • Pola makan: Utamakan kebutuhan protein, tambah porsi sayur dan buah, konsumsi karbohidrat kompleks, dan pilihlah lemak sehat.

Selain itu, tidak ada salahnya membuat jurnal makanan. Ini bertujuan agar kita menjadi lebih sadar dengan pola makan sehat dan lebih mudah membuat perubahan agar lebih sehat.

(Zs/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini